5 Permainan dalam Squid Game yang Biasa Dimainkan Anak Indonesia

Serial Squid Game disebut-sebut akan menjadi menjadi serial terlaris sepanjang masa dalam penyedia streaming Netflix. Meskipun sudah banyak film atau serial televisi yang mengangkat tema serupa Squid Game, salah satu faktor yang membuatnya menarik adalah adaptasi permainan yang berasal dari permainan tradisional anak-anak Korea Selatan. Premis cerita menjadi menarik ketika permainan anak-anak digunakan untuk bertahan hidup.

Namun tahukah kamu, jika permainan dalam Squid Game banyak memiliki kemiripan dengan permainan tradisional anak-anak Indonesia? Tanggapan serupa disampaikan oleh Menteri Pariwisata Indonesia Sandiaga Uno  yang menyebut Squid Game terinspirasi dari permainan lokal Indonesia melalui instagram @sandiuno (6/10/21). Apa saja permainan yang dimaksud? Cek daftar berikut!

 

 

1.Red Light, Green Light dan Patung-patungan

 

Permainan pertama dalam Squid Game berikut adalah yang paling ikonik dibandingkan permainan lainya. Ini karena kehadiran robot anak perempuan yang terlihat imut tetapi nyatanya mematikan. Pada permainan ini, pemain diharuskan melintasi garis tetapi hanya boleh bergerak ketika disebut ‘lampu hijau’ oleh robot. Jika ada pemain yang bergerak setelah ‘lampu merah’, robot anak perempuan akan mendeteksinya dan pemain otomatis gugur dengan ditembak.

 

Anak-anak Indonesia juga kerap memainkan permainan serupa yang umum disebut sebagai ‘patung-patungan’. Satu pemain akan menjadi penjaga yang menghitung sampai angka tertentu lalu berbalik untuk mengecek pemain lain yang bergerak ketika seharusnya menjadi ‘patung’.

 

2. Tug of War dan Tarik Tambang

 

Tarik tambang adalah satu-satunya permainan yang dilakukan secara kelompok dalam serial ini. Versi Squid Game, tarik tambang dilakukan di atas ketinggian dengan masing-masing tangan diborgol pada tali tambang. Sehingga tim yang kalah akan jatuh dari ketinggian tanpa bisa melepaskan diri. Meskipun tarik tambang identik dengan adu kekuatan, serial ini akan memperlihatkan bagaimana kerjasama tim juga penting untuk memenangkan permainan.

 

Selain menjadi permainan anak-anak Korea Selatan, tarik tambang juga umum mengisi perlombaan anak-anak Indonesia dalam peringatan Hari Kemerdekaan maupun class meeting di sekolah. Tarik tambang atau nama globalnya tug of war juga sempat menjadi salah satu cabang olahraga yang dilombakan dalam olimpiade.

 

3. Marbles dan Kelereng

 

Bagi yang sudah menyaksikan episode permainan kelereng, pasti setuju jika permainan ini adalah yang paling mengaduk emosi. Pada permainan klereng, pemain diharuskan memenangkan 10 kelereng milik lawan untuk melanjutkan permainan selanjutnya. Ada berbagai tipe permainan menggunakan kelereng seperti menebak jumlah kelereng di tangan sampai melempar kelereng sejauh mungkin.

 

Permainan kelereng juga umum dimainkan anak-anak Indonesia sehingga memiliki berbagai sebutan sesuai daerah pemain. Ada gundu di Betawi, keneker atau nekeran di Jawa, kaleci di Sunda, dan guli di Melayu.

 

 

4. Glass Stepping Stone  dan Engklek

 

Glass Stepping Stone menjadi salah satu permainan paling menegangkan dalam serial ini, dimana pemain diminta melewati sebuah jembatan kaca. Pemain harus berpijak pada kaca yang tepat atau kaca akan pecah dan membuat mereka terjatuh dari ketinggian jembatan.

 

Ini mengingatkan kita tentang permainan engklek dimana pemainya perlu membuat langkah sesuai kotak yang disediakan. Jumlah kotak menentukan pemain engklek menapak hanya dengan satu atau kedua kaki. Seperti Glass Stepping Stone, pemain engklek yang berpijak di luar garis kotak akan tereliminasi. Di Barat, permainan engklek juga dikenal dengan hopscotch.

 

5. Squid Game dan Gobak Sodor

 

Squid game adalah permainan pertama yang ditampilkan dalam serial sekaligus menjadi asal dari nama yang mudah diingat untuk serial viral ini. Disebut squid game karena bentuk garis yang menyerupai hewan cumi-cumi. Cara bermainya adalah regu penyerang harus melewati regu bertahan untuk melintasi ujung garis pertahanan dengan memanfaatkan kekuatan dan kelincahan. Kedua regu akan saling dorong untuk memenangkan permainan.

 

 Di Indonesia, squid game serupa dengan permainan gobak sodor. Keduanya permainan memiliki tujuan yang sama serta pembagian pemain antara penyerang dan bertahan. Perbedaanya adalah penyerang dalam gobak sodor akan tereliminasi jika tersentuh anggota regu bertahan.

 

Adakah permainan tradisional di atas yang pernah kamu mainkan saat kecil? Dengan memelihara unsur kebersamaan, kerja tim, dan gerak tubuh, semoga permainan tradisional tersebut dapat terus lestari, ya!

 

(sumber gambar: Netflix)
(M. Fadhil)