• A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined variable: rss_hide

    Filename: partials/_social_media_links.php

    Line Number: 45

    Backtrace:

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_social_media_links.php
    Line: 45
    Function: _error_handler

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_header.php
    Line: 770
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/controllers/Home.php
    Line: 168
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/index.php
    Line: 315
    Function: require_once

Sepeda TetapJadi Alat Transportasi Favorit di Kampung Inggris Pare

Kampung Inggris Pare - Agar waktu liburan menjadi produktif, tidak ada salahnya kita belajar bahasa inggris di Kampung Inggris Pare. Wilayahnya, terletak di antara dua desa yaitu Desa Tulungrejo dan Desa Pelem Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Hingga saat ini, banyak pelajar yang menjadikan Kampung Inggris ini sebagai destinasi impiannya untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris yang dimilikinya. Ketika kita melihat secara langsung di sepanjang jalan Kampung Inggris, kita akan melihat rentetan sepeda kayuh yang memenuhi jalan.

Hebatnya lagi, para pelajar yang datang ke Kampung Inggris ini tidak hanya berasal dari sekitar daerah Jawa Timur saja melainkan berasal dari berbagai penjuru daerah di Indonesia yang bergabung dan mengambil kursus dengan durasi 1 minggu sampai dengan 6 bulan. 

Karena terletak di dua desa, maka menyusuri Kampung Inggris dengan berjalan kaki tentunya cukup menguras tenaga. Oleh karena itu, para pelajar membutuhkan transportasi praktis yang bisa digunakan kemana-mana, misalnya untuk pergi kursus (karena jarak antara camp dan kelas tidak selalu berdekatan), membeli makan, membeli kebutuhan sehari-hari, mengambil uang ke ATM, ataupun hanya untuk berkeliling-keliling bersama teman-temannya. Salah satu budaya yang menarik di Kampung Inggris adalah menjadikan sepeda kayuh sebagai alat transportasi para pelajar untuk bepergian kemana-mana.

 

​​​​

Sepeda kayuh sudah menjadi kebiasaan lama dan membudaya di Kampung Inggris yang menjadi solusi atas permasalahan sulitnya akses yang dirasakan para pelajar hingga saat ini. Jika teman-teman datang ke Kampung Inggris, teman-teman akan melihat sepanjang jalanan besar atau pun di gang kecil, akan dipenuhi oleh orang-orang yang mengayuh sepeda dengan berbagai macam warna dan tipe. Menarik bukan?

Para pelajar dari luar daerah Jawa yang datang ke Kampung Inggris ini jelas mereka tidak membawa kendaraan pribadi sehingga mereka harus menyewa kendaraan yang bisa mendukung kegiatannya selama belajar di sini. Solusi transportasi yang ditawarkan dengan harga sewa yang murah adalah sepeda kayuh. Bukan hanya sekadar digunakan sebagai alat transportasi untuk menunjang belajar saja, dengan adanya sepeda para siswa yang sedang belajar di Kampung Inggris ini juga bisa menggunakannya untuk menjelajahi Kampung Inggris lebih jauh. Mereka yang berasal dari perkotaan bisa bersepeda sambil turut merasakan suasana pedesaan yang mungkin tidak mereka temukan ditempat asalnya.

 Kampung Inggris juga tentunya mengikuti update terkini dalam hal transportasi. Kampung Inggris juga sudah dimasuki oleh angkutan online seperti GoJek dan GoCar, tetapi hal tersebut tidak akan mematahkan budaya bersepeda yang sudah ada di Kampung Inggris. Sepeda tetap dipilih menjadi kendaraan favorit kekinian di Kampung Inggris karena harga yang memang sangat murah, yaitu cukup sekitar 75.000 sampai 150.000 rupiah untuk menyewa satu bulannya, bergantung dengan model sepeda dan kualitas sepedanya. Bersepeda bersama dengan teman-teman di daerah pedesaan yang masih asri merupakan hal baru yang tentunya sangat seru untuk dinikmati.

Sumber : kampunginggrislagi.com , www.kampunginggris.id
Foto  : dokumentasi penulis