Car Free Day Kembali Digelar Minggu Ini, PKL Tidak Boleh Berjualan

Sempat dihentikan pada Maret 2020 lalu, Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin kembali dibuka pada Minggu (21/6/2020).

 

Pemprov DKI Jakarta meniadakan CFD sebelumnya untuk mencegah penularan Covid-19.

 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan membuka CFD ini secara bertahap, dengan menyediakan jalur khusus sepeda dan pejalan kaki.

 

"Belum dilakukan sepenuhnya, tapi ada jalur khusus untuk sepeda dan pejalan kaki tetap menggunakan trotoar, ucap Anies di Jakarta, Minggu (14/6/2020)

 

Syafrin juga menjelaskan, CFD pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin berolahraga.

 

"Untuk hari Minggu sudah ada HBKB," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di FX Sudirman, Jakarta Pusat, dalam rekaman yang dibagikan kepada wartawan, Kamis (18/6/2020).

 

Beliau pun menghimbau kepada masyarakat yang tidak sehat atau merasa demam dan flu untuk tidak keluar rumah dan melaksanakan aktivitas olehraga di daerah CFD. Sehingga semuanya bisa terus menjaga tidak terjadi penyebaran Covid-19,ucap Syafrin.

 

Karena hal tersebut, para pedagang kaki lima dilarang berjualan di area CFD selama masa PSBB transisi. Syafrin mengimbau masyarakat yang berolahraga di kawasan CFD tetap menjalankan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.

 

"Pedagang kaki lima tidak diperbolehkan, sementara HBKB untuk berolahraga dengan menerapkan prinsip protokol kesehatan" ucap Syafrin.

 

Nantinya, Dishub DKI akan mengevaluasi pelaksanaan CFD pertama pada masa PSBB transisi. (yhn/nab)

sumber foto: infocarfreeday.net