Berkenalan dengan Konsep Smart City, Pemukiman Modern Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi

Seiring dengan berkembangnya teknologi di era sekarang, teknologi kini sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap orang. Teknologi memberikan kemudahan bagi setiap orang mulai dari akses komunikasi yang semakin cepat dan mudah, akses informasi yang tak terbatas, hingga mendukung segala kemudahan dalam menjalankan segala aktivitas sehari - hari. Perkembangan teknologi yang semakin pesat membentuk konsep baru bagi kota - kota di dunia untuk mewujudkan sebuah konsep smart city atau kota cerdas. Lantas seperti apakah konsep dari kota cerdas yang mengusung pemanfaatan dari teknologi informasi ? 

Secara umum, smart city (kota cerdas)  adalah kota atau kotamadya yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan pemberian pelayanan, menyelesaikan permasalahan kota serta mensejahterakan masyarakat. Adapula definisi lain dari smart city adalah untuk mengoptimalkan fungsi kota juga memberikan peningkatan pada tingkat perekonomian juga meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan memanfaatkan teknologi yang canggih. Sebuah kota dapat dikatakan sebagai Kota Cerdas (smart city) jika mempunyai 6 dimensi berikut ini.

Pertama, Smart Economy yaitu dimana sebuah kota dapat menjadi tempat keberlangsungan kegiatan perekonomian yang berkelanjutan yang didorong oleh adanya inovasi dan persaingan. Semakin tinggi peningkatan inovasi-inovasi baru maka akan menambah peluang usaha baru dan meningkatkan persaingan pasar usaha/modal. 

Kedua, Smart Mobility yang terwujud jika pengelolaan transportasi dan infrastruktur kota dapat berkembang di masa yang akan datang untuk sebuah sistem pengelolaan terpadu yang di orientasi untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat sebagai prioritas kepentingan publik.

Ketiga, Smart Environment menyiapkan sebuah kota dengan didukung oleh lingkungan yang pintar yang dapat memberikan sebuah kenyamanan, sumber daya keberlanjutan, keindahan bagi masyarakat tercermin dengan lingkungan yang bersih, bebas sampah, serta tertib dengan tetap menjadi ketradisionalan sebagai ciri khas.

Keempat, Smart People memastikan masyarakat dapat berpartisipasi dalam kepentingan publik dan berkolaborasi dalam kemajuan perekonomian juga kesejahteraan masyarakat. Dengan berbekal kreativitas dan modal spesial sebagai kemampuan keterampilan dalam mengembangkan usaha dalam memberikan pengaruh terhadap perekonomian. 

Kelima, Smart Living yaitu sebuah kota yang dapat memberikan kualitas hidup dan kebudayaan. Hal tersebut dapat terwujud dengan terjaminnya ketersediaan fasilitas pendidikan dan kesehatan yang berkualitas, kawasan wisata, kemudahan transportasi dan nyaman. 

Keenam, Smart Governance memastikan sistem serta penyelenggaraan Kota Cerdas menyediakan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang berkualitas dalam upaya memberikan pelayanan publik yang baik

Salah satu keberhasilan penerapan smart city di Indonesia yaitu Kota Bandung. Menurut penilaian hasil studi yang dikeluarkan oleh Eden Strategy Institute mengenai Top 50 Smart City Government Ranking. Kota Bandung menjadi satu satunya kota di Indonesia yang berhasil menempati peringkat 28 terbaik di dunia. 

(Niqa Nitya Choerunnissa)

(Image Source : smartcitiesnews.in)