1 November, WhatsApp Tak Bisa Digunakan di HP Ini. Cek Daftarnya!

Jakarta, 1/10/2021 - Aplikasi chatting terpopuler WhatsApp akan melakukan pembaruan terkait dengan keamanan data. Langkah tersebut berdampak pada ponsel tertentu yang tidak bisa mendapatkan pembaruan karena sistem operasinya yang lawas. Alhasil, WhatsApp tidak bisa digunakan secara maksimal.

Pembaruan berlaku mulai Senin (1/11/2021) mendatang. Aplikasi terbaru hanya akan bisa diakses pada ponsel yang memiliki sistem operasi di atas 4.0.4 (Android Ice Cream Sandwich) atau di atas IOS 9 (iPhone). Artinya, ponsel Android dan iPhone dengan dan di bawah sistem operasi tersebut tidak dapat melakukan update keamanan terbaru.

Hal tersebut akan berdampak pada pengguna yang tidak bisa lagi merasakan fitur-fitur baru yang akan muncul di WhatsApp. Dampak lainnya yakni data WhatsApp akan semakin mudah untuk dicuri karena aplikasi tidak memiliki sistem keamanan yang teranyar.

Cek Sistem Operasi

Untuk langkah antisipatif, pengguna bisa mulai mengecek sistem operasi ponsel mulai dari sekarang. Untuk pengguna Android, sistem operasi dapat dilihat dengan membuka settings, about phone, dan lihat versi Android dari ponsel tersebut. Sedangkan untuk pengguna iPhone, klik settings, general, about, lalu lihat versi iOS.

Jika sistem operasi sama atau di bawah 4.0.4 (Android) dan iOS 9 (iPhone), maka segera lakukan pembaruan sistem operasi ponsel. Jika cara ini tidak dapat dilakukan, maka pengguna perlu mengganti ponsel dengan sistem operasi yang terbaru sehingga tetap bisa menggunakan WhatsApp secara maksimal.

Daftar Ponsel

Dilansir dari CNN Indonesia, berikut daftar ponsel yang tidak bisa menggunakan WhatsApp:

Samsung: Galaxy Trend (Lite & II), Galaxy SII, Galaxy S3 mini, Galaxy Xcover 2, Galaxy Core, dan Galaxy Ace 2.

LG: Lucid 2, Optimus (L2 II, L3 II, L3 II Dual, L4 II, L4 II Dual, L5, L5 Dual, L5 II, L7, L7 II, L7 II Dual, F3, F3Q, F5, F6, F7, Nitro HD), Enact, dan 4X HD.

ZTE: Grand (S Flex, X Quad V987, Memo), dan ZTE V956.

Huawei: Ascend (G740, Mate, D Quad XL, D1 Quad XL, P1 S, dan D2).

iPhone: Apple iPhone SE, Apple iPhone 6S, dan Apple iPhone 6S Plus.

 

(Sumber gambar: Whatsapp.com)

(Jacko Ryan)