Wamenkeu RI Sebut IAI Harus Bisa Antisipasi Pertanyaan Masyarakat


Jakarta - Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo mengapresiasi eksistensi Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Menurutnya, peran IAI sangat penting di masyarakat, khususnya menjelaskan mengenai serba-serbi akuntansi. 

"IAI kontribusi pada society. Bagaimana pengelolaan keuangan dari kacamata akuntan Indonesia. Kita sebagai IAI harus bisa menjelaskan ke rakyat dengan cara sederhana menggambarkan kondisi pertanggungjawaban, sebutnya dalam acara Dialog Pengelolaan Keuangan Negara 2019 & Rapat Anggota KASP IAI di Jakarta, Selasa (25/6).

Mardiasmo juga menambahkan mengenai tantangan dalam informasi akuntansi yang saat ini tengah terjadi. Salah satunya, mengusut data keuangan yang masuk dari aset yang `tersebar`.

"Banyak aset seperti jalan tol yang tidak masuk dalam data. Tidak menjadi kesatuan. Itu menjadi tantangan," sebut Wakil Menkeu Mardiasmo.

Mardiasmo juga menggambarkan kondisi masyarakat Indonesia dengan rasa ingin tahunya yang besar. Mereka hanya mengetahui secara umum mengenai akuntansi. Hal itu merupakan tantangan bagi IAI untuk menjelaskan lebih jauh mengenai peran akuntan, apalagi dalam mengelola keuangan negara, kepada publik.

"Seluruh rakyat kita melek akuntasi. Dosen punya tugas penting untuk menjelaskan ke publik, transfer pendidikan di era digitalisasi," tambah Wakil Menkeu Mardiasmo.

 

Reporter: Desika Pemita & Andi Wirapratama