Wamenkeu RI: Revolusi Industri 4.0 Tidak Perlu Ditakuti

Jakarta - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Prof. Mardiasmo secara terang-terangan mengenai pentingnya teknologi untuk diterapkan dalam berbagai bidang saat ini. Ia menyebutkan pendapatnya dalam  acara Dialog Pengelolaan Keuangan Negara 2019 & Rapat Anggota KASP IAI di Jakarta, Selasa (25/6).

Tak hanya mengenai teknologi, ia juga berbicara mengenai dunia akuntansi dan Revolusi Industri 4.0. Menurut Prof. Mardiasmo, revolusi industri harus dihadapi.

Prof. Mardiasmo mengatakan, "kedatangan revolusi industri ini adalah hal yang tidak bisa ditawar lagi oleh karena itu, tidak perlu ditakutkan."

"Digital 4.0 itu jangan dijadikan hambatan, tapi harus kita gandeng, itu adalah suatu tantangan" ungkap Prof. Mardiasmo.

Menurutnya zaman telah banyak berubah. Generasi telah berganti menjadi generasi digital. Pada zaman ini, para akuntan generasi digital menurut Prof. Mardiasmo harus dapat mengaudit seluruh perubahan yang ada.

Oleh karena itu, Prof. Mardiasmo mengusulkan agar pada pendidikan profesi lanjutan, ada kurikulum mengenai digital program. Ia menambahkan, para dosen juga harus terbuka dengan perubahan zaman dan perkembangan teknologi..

"Dosen juga harus mengubah cara mengajarnya, ilmu yang diberikan juga harus di-digitalisasi," sebut Prof. Mardiasmo.