Wamenkeu Mardiasmo: Ini Cara Pengelolaan Keuangan Efektif

Jakarta - Zaman sudah mulai berubah, kemajuan teknologi sudah diterapkan di berbagai bidang. Salah satunya, dalam pengelolaan keuangan secara digital. Hal itu merupakan garis besar yang dibicarakan Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo di acara Dialog Pengelolaan Keuangan Negara 2019 & Rapat Anggota KASP IAI ,di Jakarta, 25 dan 26 Juni 2019.

"Bayangkan saja, apabila tidak hati-hati mengelolanya, pengelolaan keuangan akan hancur. Jadi, akan lebih baik dan efisien jika dilakukan secara digital. Financial report is digital," kata Wakil Menkeu Mardiasmo di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (25/6).

Dalam era digital, semua harus bisa dilakukan dengan cepat. Diharapkan pengelolaan keuangan, bisa terstruktur dan terkelola dengan baik.

"Peran teknologi di era digital, pelaporan keuangan menjadi lebih efektif dan efisien. Karena kita ingin secara aktif dalam membuat financial report ," tambah Mardiasmo.

Lebih jauh, Wakil Menkeu Mardiasmo juga membandingkan pengelolaan keuangan dengan pendidikan tinggi. Menurutnya, pengelolaan keuangan mirip seperti pengajar. Apabila pengelolaan keuangan masih menerapkan cara lama, maka akan sangat ketinggalan.

"Bisnis valuasi sudah berubah. Dosen bila punya paradigma lama, maka akan ditertawakan," tutup Wamenkeu Mardiasmo.


Reporter: Desika Pemita & Andi Wirapratama