Wakatobi, Surga Bawah Laut yang Tersembunyi

Wakatobi merupakan sebuah nama kepulauan yang berasal dari empat pulau utama di Kepulauan tesebut yakni, Pulau Wangi - wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko.

Kepulauan Wakatobi ini sudah termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional yang telah diresmikan pada tahun 1996 dan memiliki luas wilayah mencapai 1,39 juta hektar.

Letaknya yang berada di segitiga terumbu karang, membuat Wakatobi menjadi destinasi wisata bawah laut yang paling dicari, terutama oleh para penyelam. Jika menyangkut keanekaragaman hayati laut, Wakatobi sudah pasti juara. Sebab, Wakatobi sendiri menjadi salah satu tempat yang menduduki posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut Indonesia. Bahkan, spesies laut yang dimilikinya lebih banyak dibandingkan dengan Karibia.

Wakatobi menjadi habitat bagi 750 spesies terumbu karang dari total 850 spesies yang ada di bumi. Di Wakatobi juga dapat ditemukan sekitar 942 spesies ikan. Maka dari itu, para penyelam tidak perlu takut dan khawatir tidak bisa menemukan spot untuk menyelam, sebab disana tersedia lebih dari 50 titik yang bisa dijadikan sebagai spot untuk menyelam.

​​​​​​

Tak hanya keindahan bawah laut yang dapat dinikmati, di Kepulauan ini juga banyak sekali menyimpan keindahan alam yang jarang atau bahkan belum pernah terekspos sebelumnya. Pulau - pulau disini memiliki pesona dan daya tarik tersendiri. Pesona dan daya tarik tersebut dapat menghipnotis semua pasang mata yang memandangnya, seperti keindahan Pulau Anona yang menjadi tempat bagi para penyu untuk menetaskan telur - telurnya. Selain itu, terdapat Pulau Kaledupa yang memiliki Danau Sombano sebagai habitat bagi bakau, pandan, dan anggrek. Ada juga Puncak Kahyangan yang terletak di Pulau Tomia, tempat tersebut menjadi spot terbaik untuk menikmati indahnya matahari terbit dan tentunya masih banyak pulau yang tak kalah indah disini.

Tempat - tempat tersebut tentunya butuh perhatian lebih agar tetap tejaga kelestariannya. Pada tahun 2002, WWF juga sudah berkolaborasi dalam suatu bentuk kemitraan dengan The Nature Concervacy (TNC) untuk membantu dalam pengelolaan Taman Nasional Wakatobi ini. Semoga kerjasama dalam pengelolaan Taman Nasional Wakatobi ini dapat berjalan lancar hingga seterusnya agar Kawasan Taman Nasional Wakatobi ini juga dapat terus terjaga kelestariannya.

 

Sumber : indonesia.travel, wwf.or.id, telusuri.id

Sumber Gambar : sulawesi-experience.com, tempatwisataunik.com