Vanda Douglas, Anggrek Cantik Ikon Tangerang Selatan

Setiap daerah memiliki ikon kota masing-masing, begitu pula dengan Kota Tangerang Selatan. Kota termuda di Banten ini menjadikan Anggrek Vanda Douglas sebagai ikonnya. Hal ini dikarenakan hasil pertanian Anggrek Vanda Douglas sangat besar di Tangsel, khususnya wilayah Pamulang dan Setu.

Selain menjadi ikon kota, Anggrek Vanda Douglas juga menjadi konsep utama tarian dari Tangsel, yaitu Tari Nong Anggrek. Hal ini tampak pada warna ungu yang menjadi dominasi warna kostum penari. Mahkota yang digunakan penari juga melambangkan bentuk dari kelopak bunga Vanda Douglas.

Pemerintah Kota Tangerang Selatan terus berupaya mengembangkan budidaya tanaman cantik ini sebagai komoditas yang menggerakkan usaha pertanian di Tangsel. Selain itu, Anggrek Vanda Douglas juga terus disosialisasikan sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk menjadikannya sebagai ikon kota.

Bunga yang didominasi warna ungu dengan sedikit warna putih ini memiliki pinggiran kelopak bunga yang lurus. Anggrek Vanda Douglas menjadi salah satu varietas anggrek yang favorit karena mudah untuk dibudidayakan. Perawatan untuk bunga ini pun mudah karena tahan dengan cuaca yang ekstrem.

 

Sumber : merahputih.com, abouttng.com, budaya-indonesia.org

Sumber gambar : abouttng.com