UniPin SEACA 2019, Pertandingan E-Sport Terbesar se-ASEAN

Jakarta - E-Sport merupakan kompetisi permainan video pemain jamak (multiplayer), umumnya antara para pemain profesional. Uniknya, pemain E-Sport ini mengenakan seragam layaknya para atlet cabang olahraga lain, mereka pun bermain untuk tim.

E-Sport ini tengah merajalela di Indonesia. Buktinya, permainan ini ditandingkan terbesar se-ASEAN. Salah satunya, yang dilakukan UniPin yang telah melaksanakan kualifikasi turnamen E-SPorts di 24 Kota dan kabupaten di Indonesia. Acara ini menjadi bagian dari Road to SEACA semenjak bulan April tahun 2019.

Grand Final UniPin SEACA 2019 mempertemukan 66 tim yang berasal dari 24 kota/kabupaten di Indonesia serta beberapa negara di Asia Tenggara. UniPin siapkan total hadiah sebesar Rp 2,4 miliar di ajang Grand Final UniPin SEACA 2019. UniPin juga menggelar ekshibisi SEAME yang hadir berdampingan dengan Grand Final UniPin SEACA 2019

Tahun 2019 merupakan tahun kedua diadakannya turnamen eSports berskala internasional, Southeast Asia Cyber Arena (SEACA) oleh UniPin. Tahun ini, sebanyak 66 tim yang berasal dari 24 kota/kabupaten di Indonesia serta beberapa negara di Asia Tenggara akan bertanding memperebutkan gelar juara pada Grand Final UniPin SEACA 2019, yang berlangsung pada tanggal 8 – 10 November 2019 di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta.

UniPin juga mengadakan ekshibisi bertajuk Southeast Asia Millennials Expo (SEAME), yang hadir berdampingan dengan ajang Grand Final UniPin SEACA 2019. Di ekshibisi SEAME, UniPin mengajak pengunjung untuk menikmati berbagai produk lokal dan internasional, serta tenant kuliner di food festival.

Acara ini dibuka oleh perwakilan dari  Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Hal itu menjadi bukti bahwa perkembangan E-Sport telah didukung oleh pemerintah.

Tidak tertutup kemungkinan, suatu hari nanti, E-Sport juga akan ditandingkan dalam pesta olahraga di Indonesia.