• A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined variable: rss_hide

    Filename: partials/_social_media_links.php

    Line Number: 45

    Backtrace:

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_social_media_links.php
    Line: 45
    Function: _error_handler

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_header.php
    Line: 770
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/controllers/Home.php
    Line: 168
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/index.php
    Line: 315
    Function: require_once

Uniknya Cipta Enviroxiland untuk Negeri

Sebagian besar masyarakat acapkali mengabaikan tentang kondisi lingkungan. Tidak peduli tentang bagaimana ambang batas daya dukung lingkungan, tidak peduli tentang bagaimana menjaga kelestarian lingkungan, dan tidak benar-benar peduli betapa urgent masalah lingkungan. Semua menutup mata.

Namun, dibalik mayoritas masyarakat, masih terdapat beberapa kelompok, termasuk mahasiwa/i Teknik Lingkungan Universitas Dipenogoro, menaruh concern terhadap isu-isu lingkungan. Ide untuk membuat gerakan sosial menjadi pemantik tersendiri. Setelah digodok dalam rentang waktu tidak sebentar, terciptalah gerakan 'Enviroxiland'. Kata 'Enviroxiland' diambil dari dua suku kata, Enviro dan Land. Enviro diambil dari kependekan Environment (lingkungan), sedangkan Land memiliki arti tanah / bumi.

Enviroxiland memang ditujukan untuk memperingati Hari Bumi (HB) yang diperingati setiap tanggal 22 April. Enviroxiland setiap tahun memiliki tema beragam, tetapi tetap mengusung HB. Sebagai contoh, Enviroxiland 2018 bertemakan "On Care for Our Common Home" mengadakan kegiatan aksi parade lingkungan. Aksi ini bertempat di Simpang Lima, Semarang yang dihadiri oleh Wakil Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti. Peringatan aksi ini dimeriahkan oleh pembacaan puisi, orasi, drum band serta penampilan tari saman. Aksi ini ditutup dengan foto mahasiswa/i Teknik Lingkungan Universitas Dipenogoro lintas angkatan bersama Ibu Hevearita Gunaryanti.

Environxiland 2018 juga mengadakan penyuluhan langsung kepada masyarakat melalui GEMACIL (Gerakan Edukasi Masyarakat Cinta Lingkungan). kegiatan GEMACIL ditujukan untuk penanaman keilmuan mengenai lingkungan di masyarakat. Kegiatan ini dipadati dengan games, penanaman biopori, dan edukasi mengenai banjir. Sebagai rangkaian Enviroxiland 2018, GEMACIL menjadi penutup rangkaian HB dari mahasiswa/i Teknik Lingkungan Universitas Dipenogoro. 

Layaknya peringatan tahunan, Enviroxiland 2019 kembali digelar dengan tetap mengusung HB, tetapi berbeda konsep. Pada tahun 2019, Enviroxiland memunculkan ide Envirorun (Enviro X Run). Envirorun merupakan kegiatan lomba "5K Marathon" dengan semboyan "Run For Earth". Kegiatan Envirorun akan diisi dengan aksi bersih pantai yang berlokasi di Pantai Marina, Semarang. Selain Envirorun, GEMACIL tetap menjadi rangkaian tetap dan penutup dari Enviroxiland 2019 nanti.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ramaikan Enviroxiland 2019!

Jangan lupa untuk kepoin instagram @enviroxiland2019 !

 

 

Sumber : instagram.com/enviroxiland2019/, Pengalaman Pribadi.

Sumber gambar : instagram.com/enviroxiland2019/