Unik, Mahasiswa IPB Ciptakan Green Souvenir untuk Perkenalkan Tanaman Herbal

Bogor - Tanaman herbal atau lebih dikenal dengan tanaman obat didefinisikan sebagai tanaman yang sebagian, seluruh tanaman dan eksudat tanaman tersebut digunakan sebagai obat, bahan atau ramuan obat-obatan (Mumpuni, 2004). Tanaman herbal mungkin tidak sepopuler jenis tanaman lain, khususnya tanaman penghasil bahan makanan seperti buah-buahan, umbi-umbian dan sebagainya.

Pada era modern saat ini, selain untuk pengobatan, tanaman herbal juga bisa  digunakan sebagai green souvenir dan menjadi peluang usaha yang cukup populer dengan profit yang menjanjikan. Untuk itu muncullah ide inovatif dari Mahasiswa IPB menciptakan sebuah produk bernama Obombs. Obombs adalah produk green souvenir yang berbentuk bulat kemudian terdapat benih tanaman herbal di dalamnya.

Hal ini untuk memudahkan konsumen dalam penanamannya. Produk Obombs dijual dengan harga Rp10.000,- per kemasan, dengan setiap kemasan berisi 4 buah Seed Bombs ataupun bulatan berbentuk bola tersebut. Obombs dikemas semenarik mungkin agar membuat pelanggan senang, kemasan dari Obombs sendiri juga dapat di custom sesuai dengan keinginan konsumen tentunya.

Tak hanya itu, Obombs juga diharapkan dapat meningkatkan jiwa cinta pertanian di semua kalangan. Obombs sangat cocok untuk hadiah ulang tahun, oleh-oleh khas pertanian, acara wisudaan ataupun untuk suvenir pernikahan.

Kedepannya Obombs berencana selain berfokus pada Green Souvenir yang kini banyak diminati konsumen, Obombs juga akan melakukan pelatihan tata cara pembuatan Obombs di lingkungan kampus untuk anak-anak agar lebih tertarik kepada dunia pertanian.* (DP)

 

Foto: Green TVIPB