Tidak Perlu Swab Lagi, Ini Aturan Baru WHO untuk Pasien Sembuh Corona

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperbaharui pedoman sementara tentang manajemen klinis Covid-19 tentang kriteria pasien sembuh Covid-19.

 

WHO juga memperbaharui Rekomendasi untuk mengeluarkan pasien dari isolasi.

 

Pedoman yang diperbarui pada 27 Mei 2020 itu, menyebutkan bahwa kriteria tersebut berlaku untuk semua kasus Covid-19, terlepas dari lokasi isolasi dan tingkat keparahan penyakit.

 

Kriteria Pemulangan Pasien

  1. Pasien dengan gejala: 10 hari setelah menunjukkan gejala, ditambah minimal 3 hari tanpa gejala (termasuk demam dan gejala pernapasan)
  2. Pasien tanpa gejala: 10 hari setelah dites positif untuk Covid-19

 

Sebagai contoh, jika seorang pasien memiliki gejala selama 2 hari, maka pasien dapat dipulangkan setelah 13 hari (10 hari + 3 hari) dari tanggal timbulnya gejala.

 

Sedangkan pasien dengan gejala selama 30 hari, pasien dapat dipulangkan 33 hari setelah timbulnya gejala.

 

Pasien Covid-19 bisa dikeluarkan dari isolasi rumah sakit tanpa memerlukan pengujian ulang dengan ketentuan di atas.

 

Hal berbeda dari rekomendasi awal WHO yang mengharuskan pasien untuk pulih secara klinis dan memiliki dua hasil tes swab negatif dari sampel berurutan yang diambil setidaknya 24 jam terpisah.

 

Meskipun begitu, WHO mempersilakan bagi negara-negara untuk tetap menggunakan kriteria pertama (setelah dua kali tes PCR negatif) atau kriteria pemulangan pasien dari isolasi yang terbaru.

 

Alasan Pembaharuan

Menurut WHO dalam konsultasi dengan pakar global dan negara anggota, isolasi untuk pasien dengan deteksi RNA virus yang berkepanjangan setelah gejala hilang bisa terlalu lama. Kondisi itu dinilai akan memengaruhi psikologis pasien, masyarakat

 

WHO juga menyebut bahwa kapasitas pengujian di sejumlah negara yang tidak mencukupi untuk memenuhi kriteria awal pemulangan pasien. Artinya, dengan tidak memerlukan dua kali tes untuk pembuktian negatif, alat testing bisa lebih dimanfaatkan untuk testing kasus. (yhn/nab)

 

 

Referensi:

https://www.who.int/news-room/commentaries/detail/criteria-for-releasing-covid-19-patients-from-isolation

https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/23/062800165/who-perbarui-kriteria-pasien-sembuh-covid-19-tidak-perlu-dua-kali-swab?page=all