This is America, Lagu Rap Pertama yang Memenangi Grammy Record of The Year

Musik Rap sering dianggap musik yang penuh dengan kata-kata kotor, penuh dengan referensi kekerasan dan kekerasan seksual, hingga tidak diperhitungkan sebagai musik. Semua miskonsepsi ini dibungkam setelah This is America, keluar sebagai pemenang pada nominasi Record of The Year di Grammy Awards 2019. Grammy Awards adalah apresiasi tertinggi terhadap insan musik dunia dan memenangi nominasi Record of The Year menjadikan lagu karya Childish Gambino ini sebagai lagu rap pertama yang memenangkan nominasi paling bergengsi pada penghargaan paling bergengsi di dunia.

This is America tidak hanya memenangi satu nominasi. Lagu ini juga menyabet penghargaan Song of The Year, Best Music Video dan Best Rap/Sung Performance. Lagu ini menyingkirkan lagu-lagu lain yang pernah merajai atau bertengger di tangga lagu bergengsi Amerika Serikat (AS) seperti God’s Plan dari rapper asal Kanada, Drake; Rockstar dari Post Malone dan 21 Savage; serta All The Stars karya Kendrick Lamar dan SZA. Kemenangan ini terasa spesial karena Rapper bernama asli Donald Glover ini berhasil mengalahkan rapper dengan penghargaan terbanyak pada pagelaran Grammy tahun lalu, Kendrick Lamar. Kemenangan ini menunjukan kalau genre rap tidak bisa diremehkan dalam ajang penghargaan musik level dunia.

Kemenangan Esensial

This is America bukanlah sekadar lagu rap generik. Lagu ini mengandung kritik sosial tentang situasi yang dialami oleh masyarakat Afrika-Amerika. Masyarakat Afrika-Amerika sering dipersepsikan sebagai kelompok yang identik dengan kekerasan terutama kekerasan yang berhubungan dengan senjata api. Menurut Guthrie Ramsay, Profesor Sejarah Musik dari Universitas Pennsylvania, Gambino ingin  memperlihatkan kalau sekalipun kekerasan bersenjata yang ada di lingkungan kelompok Afrika-Amerika diperangi, budayanya tetap dipasarkan demi bisnis hiburan. Gambino membuat isi dan video klip dari lagu ini saling melengkapi dalam menyampaikan pesan yang sama sehingga memahami isi pikiran Gambino di lagu ini tidak bisa dilakukan dengan hanya mendengarkan atau menonton salah satunya.

Kemenangan lagu ini semakin mempertebal bukti kalau musisi hip-hop juga dapat menghasilkan musik kaya makna. Persepsi kalau music hip-hop dan rap hanya berisi seks, kekerasan, dan penjualan narkoba dapat dibantah. Gambino telah menulis lagu yang meningkatkan kesadaran masyarakat AS kalau kelompok Afrika-Amerika masih menjadi korban atas persepsi yang salah.