Ternyata Ada 100 Juta Kuman di Toilet

Jakarta - Dalam rangka menyambut hari Toilet Sedunia 2019, Vixal menggelar acara Konferensi Pers yang bertempat di Jakarta. Dalam kesempatan itu, informasi mengenai kuman yang biasa beredar di toilet pun diceritakan. Demi kesehatan, diperlukan toilet yang bersih.

Hal itu diungkapkan Antonius Pandu, Senior Brand Manager Cleaners, menyebutkan, “acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penting nya menjaga kebersihan toilet dan kamar mandi”

Berdasarkan data dari Unilever, setidaknya lebih dari 70% rumah tangga di indonesia belum membersihkan kamar mandi dan toilet dengan benar. Padahal dalam satu kamar mandi terdapat jutaan kuman yang mungkin tumbuh dan membahayakan kesehatan penggunanya.

Dr. Wani Gunardi mengatakan, “Beberapa kuman yang sering ditemukan di kamar mandi diantaranya bakteri Salmonella, E Coli, Listeria, Shigella, Chlera, Thyphoid dan Rotavirus yang bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti diare, gangguan saluran pencernaan, gangguan pernapasan dan penyakit kulit”

Untuk meminimalisir risiko terjadinya beragam penyakit, Dr. Wani menyarankan untuk menjaga ruangan supaya bersih dan sehat. Alasannya, kesehatan keluarga bermula dari rumah yang sehat.

Selain itu, orangtua memiliki peran yang cukup penting untuk memberikan edukasi terkait tentang kebersihan kepada anak. Salah satunya, mengajarkan tentang kebersihan.

Hal itu diungkapkan artis sekaligus presenter ternama Ayu Dewi. Sebagai bintang tamu di acara tersebut, ia berbagi mengenai cara mengajarkan kebersihan kepada anak.

“Sebagai orang tua, aku harus menanamkan kebiasaan hidup sehat, apalagi sekarang ada baby di rumah, aku jadi ekstra memperhatikan kebersihan toilet dan kamar mandi, aku jadi lebih paham kalau menghilangkan noda saja tidak cukup, namun harus terhindar dari kuman-kuman yang bisa membahayakan aku dan keluarga," sebut Ayu Dewi.

Mendengar penuturan Ayu Dewi, Dr. Wani menjelaskan, "Idealnya harus membersihkan toilet maupun kamar mandi secara teratur, supaya kamar mandi menjadi bersih, terhindar dari kuman, dan tidak mengeluarkan bau, meskipun sangat dianjurkan untuk membersihkan setiap hari, namun kesibukan dan aktivitas kita kadang membuat kita tidak sempat membersihkannya, paling tidak, kita membersihkan toilet kita sekurang-kurang nya satu minggu sekali”. (Inggrit Selvira)