• A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined variable: rss_hide

    Filename: partials/_social_media_links.php

    Line Number: 45

    Backtrace:

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_social_media_links.php
    Line: 45
    Function: _error_handler

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_header.php
    Line: 770
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/controllers/Home.php
    Line: 168
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/index.php
    Line: 315
    Function: require_once

Tambel dan Rumbel, Sarana Berbagi Pendidikan untuk Anak-anak

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan dasar yang penting untuk dapat mempersiapkan sumberdaya bagi suatu negara. Melalui pendidikan ini seseorang dapat mengembangkan kemampuan, pengatahuan, keterampilan serta nilai dan sikapnya.

Berbicara mengenai pendidikan di Indonesia saat ini, tingkat partisipasi sekolah untuk kelompok umur 7-12 tahun mencapai 99,14%, kelompok umur 13-15 tahun sebesar 95,08 persen, kelompok umur 16-18 tahun sebesar 71,42 persen menurut data Statistik Pendidikan Tahun 2017. Hal ini menunjukkan tingginya minat pendidikan terutama oleh anak-anak tingkat Sekolah Dasar.

 

“Tujuan pendidikan itu untuk mempertajam kecerdasan, memperkukuh kemauan serta memperhalus perasaan”
Tan Malaka 

Sayangnya, tidak semua anak-anak mendapatkan pendidikan yang layak. Beberapa dari mereka, karena keterbatasan ekonomi, terpaksa tidak bisa menikmati bangku sekolah.

Melihat kondisi itu, mahasiswi Institut Pertanian Bogor yang tergabung dalam Kader Surau IPB pun tergerak untuk dapat memberi bantuan tambahan pelajaran dengan belajar asik dan edukatif di Taman Belajar (Tambel) untuk siswa/i Sekolah Dasar dan Rumah Belajar (Rumbel) untuk siswa/i SMA dalam persiapan mengikuti ujian masuk perguruan tinggi negeri.

Hadirnya Rumbel dan Tambel ini bertujuan agar anak-anak terutama yang tinggal di daerah sekitar asrama Kader Surau di mana sebagian besarnya termasuk keluarga tidak mampu dapat mendapat pelajaran tambahan selain di sekolah sekaligus mengembangkan minat baca melalui pojok baca yang disediakan di asrama. Harapan dari diadakannya kegiatan ini peserta Rumbel dan Tambel dapat mendapat ilmu baru, teman baru, pengalaman serta kebermanfaatan dari kegiatan ini. 

Inilah sedikit kisah berbagi dari Kader Surau IPB, kalau kamu siap untuk berbagi?

 

http://bps.go.id