Tambah Pengalaman Seru dengan Magang di Media AKUTAHU

“...magang di AKUTAHU adalah peluang yang bagus bagi saya. Saya bisa membangun diri, belajar menjadi pribadi yang lebih positif.

Nama saya Elvani Asmita Purba, mahasiswa semester lima di Vokasi Hubungan Masyarakat Universitas Indonesia. Semester lima adalah semester di mana mahasiswa sejurusan di kampus saya mulai melaksanakan program studi kerja di Industri.

Tidak pernah terbayangkan sebelumnya, pengalaman magang kali ini harus dilaksanakan secara daring karena pandemi, begitu pun dengan kegiatan kuliah. Tidak pernah terpikirkan juga sebelumnya, saya bisa berkesempatan magang di Media AKUTAHU.

Hari pertama magang adalah hari yang paling mendebarkan, saya belajar dengan lingkungan dan cara yang berbeda. Hari pertama ini dimulai dengan work from home (WFH) melalui Zoom meeting bersama anggota dan pendiri Media AKUTAHU bapak Isnaeni Achdiat.

Pak Isnaeni menjelaskan visi misi dari media AKUTAHU yang membuat saya takjub, jarang sekali media di Indonesia yang mau memberitakan hal positif. Faktanya masyarakat Indonesia lebih menyukai berita yang kontroversial.

Beliau berkata, “Sampai kapan negara kita akan maju, jika masyarakat dan pemerintah sibuk mempermasalahkan hal yang negatif, hoax dan sudah terlewati,”. Perkataan beliau menurut saya ada benarnya. Kita tidak akan maju kita terlalu sibuk dengan hoax. Sibuk memperdebatkan teori dan pendapat masing-masing, tanpa menemukan solusi dan mengulangi kesalahan yang sama.

Berkesempatan menjadi salah satu mahasiswa magang di AKUTAHU adalah peluang yang bagus bagi saya. Saya bisa membangun diri, belajar menjadi pribadi yang lebih positif. Selain itu, saya juga dapat menjadi penyalur informasi positif bagi orang di sekitar saya.

Selama program magang ini, saya ditempatkan di bagian Marketing. Setiap harinya kami melakukan diskusi dan meeting bersama pak Isnaeni. Saya banyak belajar mengenai cara kerja di Industri, baik itu dari founder, mentor maupun teman-teman magang saya.

Ada saat di mana saya mulai bosan dengan wfh.  Minggu kedua magang berlangsung, saya mulai tidak bersemangat untuk menghubungi klien untuk bekerjasama dengan AKUTAHU. Namun, beberapa saat setelah itu, ada klien yang membalas pesan saya. Lantas hal itu membuat saya kembali bersemangat. Adanya teman dan tim marketing AKUTAHU juga memotivasi saya untuk terus mencari pengalaman baru.

Pengalaman magang selama satu bulan setengah ini memberikan saya banyak ilmu. Ilmu yang saya dapat pun bukan hanya dari pekerjaan yang saya kerjakan setiap harinya. Di akhir pekan, media AKUTAHU sering mengadakan seminar gratis bagi peserta magang. Seminar ini mengundang berbagai narasumber yang memiliki banyak pengalaman. Setiap pengalaman yang dibagikan oleh narasumber membuat pemikiran saya menjadi lebih luas dan termotivasi.

Tim AKUTAHU juga memberikan kesempatan bagi setiap peserta magang untuk belajar public speaking. Tim AKUTAHU tidak membatasi peserta magang dalam mengeksplorasi minat dan bakatnya, salah satunya seperti memandu acara. Tim AKUTAHU mendorong keberanian dan keinginan peserta magang untuk mau belajar dan maju bersama di Media AKUTAHU.

Penulis: Elvani Asmita Purba

Editor: Alfida Rizky Febrianna