Sutopo Meninggal, BNPB Belum Cari Pengganti

Jakarta - Kepala Pusat Data dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho​​​​​​ meninggal dunia karena kanker yang menggerogoti tubuhnya. Ia meninggal dunia di Ghuangzhou, Tiongkok, 7 Juli 2019.

Menyusul meninggalnya Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, BNPB belum memutuskan mencari penggantinya.

Menurut Kepala Bidang Humas BNPB, Rita Rosita, ada mekanisme dan proses birokrasi untuk mengisi posisi yang Sutopo tinggalkan. Hal ini terjadi karena posisi Sutopo adalah tingkat eselon dua yang harus melalui proses lelang jabatan.

"Untuk menjabat (tingkat) eselon dua, itu harus open bidding atau terbuka. Jadi siapapun yang mau melamar kesitu boleh-boleh saja selama memenuhi kualifikasi BNPB" Kata Rita dalam wawancara via telepon kepada Media AKUTAHU.

Rita menambahkan, urgensi dari mencari pengganti Sutopo secepatnya bergantung pada keputusan dari pimpinan BNPB. Selama belum ada penunjukan, segala tugas harian akan dilaksanakan oleh pelaksana harian.

Sutopo menghembuskan nafas terakhirnya di Guangzhou, Tiongkok. Sutopo meninggal dunia karena kanker paru-paru stadium 4 yang dideritanya.

Foto: @sutopopurwo