• A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined variable: rss_hide

    Filename: partials/_social_media_links.php

    Line Number: 45

    Backtrace:

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_social_media_links.php
    Line: 45
    Function: _error_handler

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_header.php
    Line: 770
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/controllers/Home.php
    Line: 164
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/index.php
    Line: 315
    Function: require_once

Sukoharjo Mengajar Mencari Relawan Demi Pemerataan Pendidikan

Sukoharjo Mengajar, suatu komunitas yang beranggotakan siswa-siswi SMA/K/MA yang berada di wilayah Sukoharjo. Komunitas ini bergerak di bidang pendidikan berkualitas khususnya di Kabupaten Sukoharjo. Kegiatan rutinnya adalah mengajar anak-anak sekolah dasar di pelosok Kota Sukoharjo guna mewujudkan pemerataan pendidikan.

Sukoharjo Mengajar menggelar kegiatan tes interview calon volunteer yang ke-5 selama lima hari belum lama ini. Tes ini merupakan rangkaian kegiatan Open Recruitment (Oprec) volunteer yang ke-5 setelah proses proses sosialisasi dari 3 sekolah di Sukoharjo.

Oprec tentu merupakan strategi untuk memanggil relawan relawan muda yang siap melanjutkan misi kemerdekaan dalam mencerdasan kehidupan bangsa dan siap untuk bergabung di Sukoharjo Mengajar.  Dalam kesempatan ini panitia menyiapkan trik mengagumkan dan bergengsi yakni menggunakan Forum Grub Diskusi (FDG).

“Karena kebanyakan seleksi bergengsi pakai FDG dan itu trik yang mengagumkan sih. Soalnya kenapa? Kita bisa tahu potensi orang dari FDG, leadershipnya gimana, tipe bodo amat, atau tipe dsb. Soalnya kalau wawancara doang, kita bisa ketipu. Karena dia di wawancara speaknya oke, ternyata kinerjane 0 cuma bagus di speak sama interviewer doang. Trus kita juga tahu kalau orangnya ternyata pemalu/enggak dan kita bias tahu saat dia di terima kita bias tahu mau ngapain biar dia juga enggak stand out” Terang Wulan Istri Hastari, Sabtu(5/1/2-19), panitia oprec ke-5 sekaligus pendiri awal komunitas Sukoharjo Mengajar.

FDG tersebut di gelar setelah calon relawan melaksanakan interview dan digelar di Aula SMA N  3 Sukoharjo. Adapun, kemudian para relawan yang mengikuti FGD akan dibentuk menjadi 4 grup. Setiap grubnya dibagi secara urut melalui absensi abjad dari calon relawan. Kemudian, masing-masing grub akan berdiskusi dengan tema-tema yang berbeda yang mengacu kepada isu kualitas pendidikan dan manfaat learning by doing di Indonesia.

Kemudian, FDG ini juga mengajak para calon relawan dalam berfikir kritis serta keaktifan dalam sebuah diskusi dari masing-masing calon anggota relawan. Alhasil, selama proses FDG mereka dituntut untuk menyampaikan pendapat dari masing perspektif individu serta keaktifan dan kerja sama dalam diskusi tersebut. Penutupan dari FDG tersebut adalah para koordinasi dari setiap masing-masing grub membacakan hasil diskusi dari forum dan tema masing-masing.

 

Sumber : Hasil wawancara, Wulan Istri H

Gambar : kamera pribadi  Indah

Kamu suka dengan konten akutahu.com? Berikan dua jempol sebagai tanda kamu menyukai konten ini.

Beritahu cuan reaksi kamu setelah membaca konten ini.

like
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0