Songket Pandai Sikek Khas Sumatera Barat Tampil di Panggung Indonesian Fashion Week 2019

Songket Pandai Sikek disulap oleh desainer Diksi Hera Berliana menjadi baju muslim berbentuk gamis. Di Panggung Indonesian Fashion Week 2019 di Jakarta Convention Center (27/3), Diksi menampilkan desain baju barunya itu. Diksi Hera Berliana ini berlatar belakang seorang perawat yang sudah tiga tahun terakhir membesarkan label busananya, Gallery Namia.

Perawat kreatif ini mengatakan, “tak banyak orang yang mengkreasikan songket Minangkabau ini menjadi gamis karena bahannya yang kaku”.

Menyulap songket menjadi gamis memiliki kesulitan tersendiri. "Kalau yang tahu, kain songket itu sebenarnya susah dijadikan baju, apalagi gamis yang saya buat. Mulai dari pemotongan, pembuatan pola, butuh usaha lebih karena bahannya kaku dan berserat," paparnya. 

Melestarikan budaya Indonesia dapat dilakukan dengan banyak cara sesuai minat dan bakat masing-masing individu. Sebagai contohnya adalah baju muslim gamis yang terbuat dari Songket Pandai Sikek. Dalam koleksinya ini Diksi menampilkan 10 busana dari 10 motif berbeda yang memadukan songket, kain jaguar, dan juga embost. Warna yang ia padukan dalam penampilan besar ini adalah warna-warna formal seperti hitam dan gold. Gamis songket ini merupakan karya pertamanya dalam mendesain baju berbahan songket.

Sumber: lifestyle.kompas.com