Singapura dan Indonesia Kerja Sama Tingkatkan Kualitas Hidup Pasien

Dengan adanya peningkatan secara global atas angka “kondisi terminal” terdapat kebutuhan atas akses terhadap perawatan paliatif yang semakin meningkat. Untuk mengatasi dilema bersama ini, Singapore International Foundation (SIF) bermitra bersama dengan tiga organisasi, yaitu Yayasan Kanker Indonesia (YKI), beserta dengan YKI Jawa Barat dan Rumah Sakit Umum Dr Hasan Sadikin Bandung (RSHS), untuk meluncurkan kerja sama pelatihan perawatan kesehatan yang berdurasi tiga tahun.

Proyek Enabling Palliative Care Trainers (EnPaCT) atau disebut Pemberdayaan Pelatih Perawatan Paliatif berupaya untuk meningkatkan kualitas hidup pasien yang menghadapi penyakit yang mengancam jiwa pada wilayah Jawa Barat.

Proyek di Jawa Barat ini menandai prakarsa SIF yang ketiga di bidang perawatan paliatif di Indonesia, setelah keberhasilan dua proyek sebelumnya di Jakarta, yaitu Perawatan Paliatif untuk Anak-anak (2009-2012) dan Peningkatan Praktek Perawatan Paliatif (2015-2018).

Proyek di Jakarta berhasil menjangkau 62 tenaga kesehatan bidang perawatan paliatif yang dikembangkan sebagai pelatih utama, yang kemudian membagikan pembelajaran mereka kepada pengasuh dan relawan. Hasilnya, telah dirasakan oleh setidaknya 20 ribu pasien dan keluarga mereka. Sebagai tambahan, model perawatan di rumah (homecare) yang diperkenalkan pada pelakasanaan proyek Perawatan Paliatif untuk Anak-anak telah mendapatkan persetujuan dan dukungan dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia di tahun 2012.
 
Dengan pendekatan train-the-trainers (pelatihan untuk pelatih), proyek EnPaCT dirancang serupa untuk mengembangkan kapasitas para tenaga kesehatan bidang perawatan paliatif di provinsi bersangkutan. Rancangan pelatihan akan mencakup empat komponen - lokakarya pelatihan dua tahunan di tingkat Dasar dan Lanjutan, peningkatan kualitas, diskusi profesional pada kegiatan symposium, serta kegiatan Asia Pacific Hospice Conference ke-13 di Surabaya, serta landasan pijak (platform) pendidikan publik lainnya untuk memfasilitasi pendidikan pasien dan pengasuh tentang perawatan paliatif.