Shopee Dorong UMKM Optimalkan Ranah Daring

Para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di Indonesia terdampak pandemi Covid-19. Aktivitas ekonomi yang dijalankan UMKM secara offline mengalami penurunan. Perusahaan e-commerce Shopee, berupaya mendorong penjualan produk UMKM di lingkup Asia Tenggara.

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar bagi perputaran ekonomi dunia termasuk di Indonesia. Salah satu sektor ekonomi yang terdampak ialah sektor UMKM. Permasalahan yang dialami oleh para pelaku UMKM ini salah satunya dalam segi pemasaran produk.

Sejak pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia pada Maret 2020 lalu, pemerintah menggalakkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) guna mencegah cepat dan luasnya penyebaran virus Covid-19. Pelaku UMKM yang memasarkan produknya secara offline pun mengalami penurunan dalam penjualan. Beberapa bahkan sampai harus menutup tokonya.

“Melihat dampak yang cukup besar bagi UMKM Indonesia karena situasi pandemi Covid-19, kami menginiasi upaya kami dalam mempromosikan dan menyalurkan berbagai produk ke dalam lingkup pasar regional secara digital,” papar Head of Public Policy & Government Relations Shopee Indonesia Radityo Triatmojo melalui siaran pers yang diterima AKUTAHU, Selasa (4/8/2020).

Shopee berinisiasi membantu para pelaku UMKM Indonesia untuk memanfaatkan platform digital dalam memasarkan produk lokal keunggulannya. Pemasaran produk secara digital ini tidak hanya ditargetkan untuk pasar domestik, melainkan pasar mancanegara. Cara ini dapat memperluas pangsa pasar ekspor Indonesia ke negara-negara di Asia Tenggara. Di antaranya Malaysia, Singapura dan Filipina.

Radityo Triatmojo berharap partisipasi Shopee di tengah situasi pandemi Covid-19 ini dapat mendorong roda perputaran ekonomi Indonesia. Bentuk partisipasi Shopee ialah melalui keterlibatan dalam program “ASEAN Online Sale Day”.

Program ini akan diikuti oleh pelaku UMKM binaan Shopee yang terkurasi. “Kami sebagai perusahaan berbasis teknologi, turut mendukung kampanye ASEAN Online Sale Day yang juga akan ada di aplikasi Shopee,” ujarnya.

Shopee mewadahi pelaku UMKM Indonesia dalam mempromosikan produk lokal unggulannya pada laman resmi ASEAN Online Sale Day 2020 agar dikenal dan dibeli oleh masyarakat di Asia Tenggara yang berpartisipasi. Program ini sendiri merupakan gagasan dari organisasi ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) yang akan dilaksanakan serentak pada 8 Agustus 2020 mendatang. (ARF)