• A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined variable: rss_hide

    Filename: partials/_social_media_links.php

    Line Number: 45

    Backtrace:

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_social_media_links.php
    Line: 45
    Function: _error_handler

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_header.php
    Line: 770
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/controllers/Home.php
    Line: 164
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/index.php
    Line: 315
    Function: require_once

Serak Gulo, Tradisi Unik Keturunan India di Padang

Ada yang menarik di Kota Padang pada 5 Februari 2019 lalu. Selain bertepatan dengan Imlek 2570, suasana Padang begitu meriah dengan atraksi barongsai dari masyarakat keturunan Tionghoa dan acara Serak Gulo (Tebar Gula) dari masyarakat keturunan India. 

Serak Gulo adalah acara tahunan dari masyarakat keturunan India di Padang, tepatnya di Kelurahan Pasa Gadang, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang. Acara ini berlangsung ba'da ashar dan dihadiri langsung oleh Walikota Padang, Bapak Mahyeldi Ansharullah. 

Acara ini menjadi bentuk rasa syukur masyarakat setempat terhadap rezeki yang mereka dapat dan berbagi kepada sesama melalui perantara gula. Selain itu, Serak Gulo juga memperingati hari lahirnya ulama India yang membawa ajaran agama Islam, Souhul Hamid. 

Serak Gulo memang dipusatkan di kawasan Pasa Gadang, karena kawasan tersebut dihuni oleh keturunan India di Padang. Acara berlangsung di depan Masjid Muhammadan, salah satu masjid tertua di Padang yang dibangun pada 1703. Keunikan dari Masjid Muhammadan adalah dipenuhi dengan warna hijau dan tiangnya dibangun dengan campuran putih telur. 

Acara ini tidak hanya dimeriahkan oleh keturunan India, tapi juga dari warga Padang yang bukan keturunan India bahkan wisatawan asing pun ikut memeriahkan acara tersebut. 

Gulo (gula) yang dibungkus dengan kain warna-warni, dilempar dari atas masjid dan diperebutkan oleh ratusan warga yang hadir.    

Pemerintah Kota Padang sangat mengapresiasi acara ini, karena Serak Gulo menjadi akulturasi budaya yang harus dipertahankan. Serak Gulo hanya ada di India, Singapura, dan Padang (Indonesia).

Sumber: infosumbar.net, kumparan.com, antaranews.com

Foto: infosumbar.net

Kamu suka dengan konten akutahu.com? Berikan dua jempol sebagai tanda kamu menyukai konten ini.

Beritahu cuan reaksi kamu setelah membaca konten ini.

like
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0