Sapa Calon Mahasiswa Indonesia, Uni-Italia Gelar Virtual Italian Days On Higher Education 2020

Sebagai salah satu negara di Eropa yang memiliki kualitas pendidikan terbaik, Italia menggelar acara Virtual Italian Days on Higher Education (VIDOHE) 2020. Acara ini digelar oleh negara Italia lewat lembaga konsorsium dibawah naungan Pemerintah Italia, Uni-Italia. Acara yang dilaksanakan pada 20-22 November melalui daring ini mengajak para calon mahasiswa untuk dapat berinteraksi langsung dengan perwakilan perguruan tinggi dari Italia.

Acara Virtual Italian Days on Higher Education (VIDOHE) 2020 ini diselenggarakan untuk menjadi jembatan informasi kepada para calon mahasiswa Indonesia yang ingin mencari kampus terbaik di Italia. Selain itu, acara ini juga diadakan sebagai komitmen Uni-Italia untuk dapat terus terhubung kepada calon mahasiswa.

Terdapat 14 perguruan tinggi ternama di Italia yang hadir dalam acara ini. Sebut saja seperti Bocconi University, Università di PISA, Università IULM, Ca' Foscari University of VENICE, dan lain-lain. Dengan itu, acara ini menawarkan info perkuliahan hingga beasiswa untuk para calon mahasiswa di Indonesia.

 “Iya betul, akan ada 14 perguruan tinggi ternama di Italia yang akan hadir dalam acara Virtual Italian Days on Higher Education (VIDOHE) 2020, dengan jurusan favorit di bidang seni, musik, design, fashion, arsitektur, management hingga science. Para perwakilan universitas akan memberikan informasi seputar kampus, info beasiswa hingga webinar” Ungkap Romero, yang merupakan perwakilan Uni-Italia untuk Indonesia.

Romero juga menambahkan, Pandemi global COVID-19 tidak serta merta membuat penyebaran informasi mengenai kampus terbaik di Italia menjadi terhenti. Lewat Virtual Italian Days on Higher Education (VIDOHE) 2020 ini nantinya para pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan perwakilan kampus, sharing tentang kehidupan di Italia melalui webinar, hingga mendapatkan informasi beasiswa.

“Kami membuat semuanya jadi lebih mudah, teknologi tidak menutup batas kami untuk memberikan informasi secara luas. Di Virtual Italian Days on Higher Education (VIDOHE) kami menyiapkan wadah secara online sehingga siapapun bisa berinteraksi dan mendapatkan informasi, seperti chat kepada perwakilan kampus, sharing mengenai kehidupan mahasiswa di Italia, hingga webinar dan info beasiswa” jelas Romero.

Italia sendiri telah menjadi salah satu negara yang menarik bagi mahasiswa Indonesia untuk berkuliah. H.E Benedetto Latteri – Duta Besar Italia untuk Indonesia mengatakan, setidaknya ada kurang lebih 500 mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Italia dengan berbagai macam jurusan yang diambil. Faktanya, jumlah mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Italia terus meningkat tiap tahunnya dengan berbagai jurusan favorit seperti seni, desain, fashion, arsitektur, management, hingga sains.

“Seperti yang Anda ketahui, negara kami terkenal dengan seni dan banyaknya peninggalan sejarah yang menjadi ikon dunia seperti Koloseum Roma dan Menara Miring Pisa. Tidak hanya destinasi wisata dan sejarah yang menakjubkan, kami juga memilki sistem dan kualitas pendidikan terbaik, saat ini ada kurang lebih 500 mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Italia,” ujar H.E Benedetto Latteri lewat siaran pers-nya.

Lebih lanjut lagi, Benedetto Latteri juga menjelaskan bahwa Italia memiliki sistem pendidikan yang cukup terstruktur. Misalnya seperti tersebarnya berbagai universitas di seluruh penjuru negeri yang tentunya memberikan kualitas yang sama dan tidak diterapkannya sistem rangking. Hal ini membuat setiap mahasiswa yang berkuliah disini mendapatkan kualitas dan fasilitas yang sama.

Italia juga berkomitmen untuk menerapkan protokol kesehatan bagi para wisatawan maupun mahasiswa yang ingin kembali ke negara nya. “Kita tahu bahwa virus COVID 19 menjadi pandemi global, Italia menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat bagi para pengunjung yang ingin masuk ke Italia, misalnya harus tes swab, dan karantina mandiri, kami juga harus menjamin kesehatan dan keselamatan para calon mahasiswa ketika ingin masuk ke Italia, sehingga menerapkan protokol kesehatan adalah syarat mutlak” tambah Benedetto Latteri.

Acara Virtual Italian Days on Higher Education (VIDOHE) 2020 ini diselenggarkan secara gratis. Para calon mahasiwa yang tertarik bisa langsung registrasi melalui website yang disediakan oleh Uni-Italia di http://studyinitalyfairs.uni-italia.it/ untuk selanjutnya mendapatkan email konfirmasi pendaftaran. Para calon mahasiswa juga bisa mengujungi Instagram Uni-Italia di @uni_italia_id atau Whatsapp ke 081 80 80 13932.

Editor: Zahran Fadillah Abdullah