Salihara Gelar Monolog Sutan Sjahrir

Komunitas Salihara mengadakan pementasan Monolog Sutan Sjahrir di hari Sabtu dan Minggu tanggal 18-19 Agustus 2018, dimulai pada pukul 20.00 WIB, di Teater Salihara, Jakarta Selatan.

Acara ini digelar dalam rangka merayakan 10 tahun berdirinya Komunitas Salihara. Monolog ini menampilkan sosok Sutan Sjarir saat mendekam di penjara, yang merupakan masa paling kelam dalam hidupnya.

Dalam monolog ini, Sutan Sjahrir menyampaikan renungannya tentang Revolusi Indonesia dan kehidupan pribadnya sebagai manusia politik beserta ide-idenya mengenai demokrasi dan pendidikan politik bagi rakyat.

Pentas ini disutradai oleh Rukman Rosadi. Rukman Rosadi menamatkan pendidikan pascasarjana Penciptaan Teater di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Ia mendalami seni peran di Departemen Film dan Teater di UCLA California, Amerika Serikat. Pada 2002 ia mendirikan Saturday Acting Club (SAC) yang telah menampilkan 30 pertunjukan di dalam dan luar negeri.

Naskah pentas ditulis oleh Ahda Imran. Beliau adalah penulis puisi, cerpen, novel, drama, dan esai. Buku puisinya yang telah terbit adalah Penunggang Kuda Negeri Malam (2008) dan Rusa Berbulu Merah (2014). Ia juga menulis lakon Inggit, Tan Malaka: Saya Rusa Berbulu Merah dan banyak lagi. Saat musim panas 2016, ia menjadi seniman  mukiman di Paris untuk menulis novel berjudul Jais Darga Namaku (2018).


Tokoh Sutan Sjahrir sendiri diperankan oleh Rendra Bagus Pamungkas. Lulusan ISI Yogyakarta dan Pasca Sarjana Universitas Sanata Darma ini pernah terlibat sebagai aktor dalam beberapa produksi Saturday Acting Club, Teater Gandrik, Teater Garasi dan lain-lain. Beliau juga pernah menjadi aktor di film layar lebar seperti Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015).

Komunitas Salihara berpendapat bahwa Sjahir adalah sosok yang sangat kompleks sehingga menjadi tantangan menarik bagi mereka yang bergelut di bidang keaktoran dan penyutradaan. Selain itu, suara Sjahrir patut didengar di saat merebaknya para pengusung politik identitas dan sektarianisme.

Sumber: kompas.com, salihara.org

Kamu suka dengan konten akutahu.com? Berikan dua jempol sebagai tanda kamu menyukai konten ini.

Beritahu cuan reaksi kamu setelah membaca konten ini.

like
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0