Saat Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo Ikut Lakoni Ketoprak

Jakarta - Sebagai Gubrenur Bank Indonesia, Perry Warjiyo biasanya berkutat dengan hal-hal moneter. Namun tidak pada malam ini, Jumat (8/3/2019). Perry justru sibuk dengan kostum, sarung, mahkota, make-up, dan bait-bait skenario.

Ia berperan sebagai Prabu Dewa Wastu Kancana Ningrat (Prabu Anggalarang) di Ketoprak Financial dengan lakon Prabu Siliwangi digelar di Gedung Usmar Ismail, Jakarta. Ia berusaha keras untuk bisa menampilkan lakon Prabu Siliwangi dengan baik.

Di atas panggung, Perry Warjiyo mengungkapkan, "saya dan rekan-rekan berlatih untuk menghapalkan dialog. Selain itu, juga mempelajari beberapa gerak dalam ketoprak."

Keikutsertaan Perry Warjiyo juga merupakan bentuk dukungan dalam melestarikan budaya. Ia pun senang bisa bermain ketoprak yang dianggapnya bisa melepaskan stress.

"Saya dan rekan-rekan ikut ini untuk mempertahankan budaya kita. Di tengah-tengah kesibukkan, kegiatan ini juga menjadi refreshing. Bagian kita untuk bagaimana sinergi, tak hanya membuat kebijakan, tapi juga bersinergi dalam membangun budaya," kata Perry Warjiyo.

Tak hanya Perry Warjiyo,  tokoh-tokoh terkenal di bidang perbankan di Indonesia juga ikut serta, termasuk Bos BCA Jahja Setiaatmadja hingga Destry Damayanti.

Dalam kesempatan itu, seluruh hasil penjualan tiket sejumlah Rp 25 juta diberikan untuk Yayasan Ketoprak Adhi Budaya. Dana itu disebut-sebut digunakan untuk melestarikan seni budaya tradisional di era modern.