Rumoh Aceh, Rahasia Nenek Moyang Bertahan dari Gempa

Lokasi Indonesia yang terletak diantara tiga lempeng besar dunia, menyebabkan wilayah ini rentan mengalami gempa bumi. Gempa bumi yang terjadi sering kali mengakibatkan banyak infrastuktur hancur sehingga merenggut korban jiwa. Banyak sekali penelitian dan pengembangan baru guna menciptakan rumah yang tahan gempa.

Namun jauh sebelum itu, nenek moyang bangsa Indonesia telah memiliki  teknologi pembangunan rumah tahan gempa. Rumoh Aceh, rumah tradisional Aceh ini merupakan bentuk mitigasi nenek moyang untuk mengurangi korban jiwa akibat gempa. Rumah berbentuk panggung tersebut terbukti tidak hancur saat Aceh berkali-kali diterjang oleh gempa.

Kunci utama Rumoh Aceh tahan terhadap gempa adalah,struktur utama bangunan yang tersusun dari papan dan kayu saling mengunci hanya dengan pasak dan bajoe. Hasilnya bangunan menjadi elastis dan saat terjadi gempa bangunan hanya bergerak ke kanan dan kiri atau bangunan terangkat keatas yang kemudian jatuh ketempat semula. Apabila bangunan bergeser, pergeseran yang terjadi hanya beberapa sentimeter saja dan juga bisa dikembalikan ke posisi semula 

Selain tahan gempa, Rumoh Aceh juga tahan terhadap hantaman gelombang tsunami. Karena bentuknya rumah panggung, air dapat lolos melalui tiang-tiang penyannga rumah. Namun sayang, walaupun Rumoh Aceh tahan terhadap gempa bumi dan tsunami, banyak masyarakat yang mulai meninggalkannya. 


Sumber : detik.com,