Teka-teki Robin Hood di Dunia Nyata

Film Robin Hood telah dirilis di bioskop-bioskop di Indonesia, 21 November 2018. Robin Hood ​​​​​​diangkat dari legenda Inggris, bergenre action dan adventure. Film ini disutradarai Otto Bathurst.

Belum lama dirilis, Robin Hood belum mendapatkan sambutan hangat dari penonton di seluruh dunia. Robin Hood hanya mendapatkan skor 5,3/10 dari situs IMDB. Terlepas dari masalah rating, terdapat satu hal menarik mengenai Robin Hood. Apakah karakter ini benar-benar nyata?

Film Robin Hood (2018) merupakan versi ke-sekian, entah puluhan atau bahkan ratusan dari kisah heroik dari pemanah legendaris berdarah Inggris ini. Kisah Robin Hood sendiri mulai dikenal secara umum pertama kali pada abad ke 14 dan 15.

Pada waktu itu orang-orang kristiani di Inggris menjadikan sosok Robin Hood sebagai figur dalam permainan-permainan yang memiliki nilai religiusitas pada perayaan “May Day”.  Pada abad ke 19, penulis dan illustrator Howard Pyle mengadaptasinya ke dalam cerita anak-anak dan lalu mempopulerkannya ke Amerika dan seluruh dunia.

Kembali ke abad 13, rekaman-rekaman historis di Inggris menunjukkan adanya penggunaan nama-nama seperti Robehod, Rabunhod, dan variasi-variasi lainnya untuk sebagai julukan untuk para kriminal. Berdasarkan referensi historis di Inggris, pada akhir abad ke 13, Robin Hood kemudian berkembang menjadi kidung dan nyanyian dengan judul Peasants' Revolt yang menceritakan tentang petani-petani pemberani di Hutan Sherwood yang seringkali bersinggungan dengan sherrif dari Nottingham, cerita tersebut tentu berbeda dengan cerita-cerita modern yang menokohkan Robin Hood sebagai seorang kesatria.

Para sarjana dan tokoh terkenal pada abad tersebut gagal untuk mengumpulkan bukti-bukti yang kuat, hipotesi yang paling dipercaya Robin Hood hidup antara abad ke 12 dan ke 13. Sosok Robin Hood dipercaya hidup di masa pemerintahan Raja Richard Lionheart.

Semua perdebatan mendapatkan pencerahan pada tahun 1521, John Major menerbitkan sebuah buku sejarah, History of Greater Britain, yang menggambarkan bahwa Robin Hood sebenarnya adalah salah seorang pengikut dari Raja Richard. Hingga kini, belum ada penelitian secara pasti dapat membuktikan bahwa Robin Hood adalah sosok yang nyata. (DP)

 

Source: IMDB.com, www.history.com, mythencyclopedia.com

Gambar: http://www.mythencyclopedia.com (self edited)

 

.

Kamu suka dengan konten akutahu.com? Berikan dua jempol sebagai tanda kamu menyukai konten ini.

Beritahu cuan reaksi kamu setelah membaca konten ini.

like
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0