• A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined variable: rss_hide

    Filename: partials/_social_media_links.php

    Line Number: 45

    Backtrace:

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_social_media_links.php
    Line: 45
    Function: _error_handler

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_header.php
    Line: 770
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/controllers/Home.php
    Line: 168
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/index.php
    Line: 315
    Function: require_once

Raih Rekor MURI, Hebohkan Bumi Reog dengan 2062 Penari Jathil

Ponorogo, Jawa Timur meraih rekor MURI dengan penampilan tari Jathil Ponorogo terbanyak yaitu 2062 penari. Acara ini digelar pada hari Minggu, 17 Februari 2019. Tujuan digelarnya acara ini adalah sebagai momentum dalam meningkatkan kunjungan wisata ke Ponorogo.

Bupati Ponorogo berharap kegiatan ini bisa menarik wisatawan lokal maupun mancanegara datang ke Ponorogo. Acara seperti ini akan terus digelar, agar ada alasan orang untuk merindukan Ponorogo. Selain itu, acara ini juga upaya untuk melestarikan kesenian khas Reog Ponorogo agar tidak tergerus oleh derasnya arus modernisasi saat ini.

Warga di Ponorogo berbondong-bondong untuk menyaksikan penampilan tersebut bahkan beberapa yang dari luar ponorogo juga ikut serta menyaksikan. Penonton dengan tertib membuat pagar betis dipinggir alun-alun yang hanya dibatasi dengan tali rafia. Panas matahari di kota Ponorogo tak dirasa membakar tubuh mereka. Mereka sudah datang sejak dhuhur, meski acara dimulai jam 4 sore.

Tarian jathil merupakan pasukan berkuda yang konon untuk mengawal Prabu Klono Sewandono pada saat meminang Dewi Songgolangit. Pada acara ini, diikuti oleh putra-putri daerah yaitu siswa SMP/Mts dan SMA/SMK/MA sederajat di Ponorogo.

Acara dimulai dengan penyerahan ebleg (jaranan) dari bupati kepada perwakilan peserta secara simbolis. Diikuti tampilan para  penari jathil dari dua penjuru, mereka menari dengan  mengikuti gamelan  yang dipusatkan  di sisi  kanan panggung utama. Selain  itu, dari arah Paseban juga keluar rombongan reyog, penari warok, penari ganongan, serta seorang penari Bujang Ganong sebagai pemimpin.

Perwakilan dari Muri, Aryani Siregar, menyerahkan piagam. Acara ini tercatat di MURI. Beliau hadir sebagai perwakilan serta mencatat, mengukuhkan, sekaligus menyerahkan piagam. Dan kabupaten Ponorogo tercatat sebagai daerah dengan penampil tari jathil dengan jumlah penari 2062.

 

Sumber: kompasiana.com

Foto: jatimnow.com, instagweb.com