Prosesi Pemakaman Habibie Dipadati Ribuan Orang

Jakarta - Jenazah Prof. Dr.-ing B.J Habibie diantarkan ke tempat peristirahatan terakhirnya di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Pemakaman Habibie dihadiri oleh ribuan masyarakat. Laporan dari Media AKUTAHU lokasi pemakaman dipadati warga, membuat jalanan tersendat.

Tak hanya warga biasa, tapi juga pejabat penting hingga tamu negara. Mereka memberikan penghormatan terakhir kepada Habibie yang juga dikenal sebagai bapak demokrasi.

Rangkaian proses pemakaman BJ Habibie digelar secara militer, dengan komandan upacara Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi memberikan penghormatan secara langsung saat jenazah Presiden ke-3 itu dimasukkan ke liang lahat. Jokowi mengajak masyarakat untuk mengenang Habibie sebagai persiden, tokoh nasional, serta insinyur.

"Sosok Bapak Habibie tidak akan tergantikan. Ia menjadi anak bangsa yang membanggakan. Bukan hanya sekedar memimpin, tapi juga memberikan buah pikirannya untuk bangsa Indonesia. Selamat tinggal Mr. Crack," sebut Jokowi saat memberikan pidato saat menjadi pemimpin upacara.

Selain Jokowi, Ilham Habibie yang merupakan putra Habibie ikut memberikan sepatah kata untuk mengantarkan sang ayah ke peristirahatan terakhir. Ia menyebutkan, sang ayah banyak memberikan pelajaran hidup untuknya dan seluruh anak bangsa.

"B.J Habibie, presiden, negarawan, eyang, ayah, yang banyak memberikan pelajaran hidup bagi kami. Banyak sekali hasil dari pemikiran dari Habibie yang bisa kita lihat. Sampai jumpa lagi," sebut Ilham Habibie.