• A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined variable: rss_hide

    Filename: partials/_social_media_links.php

    Line Number: 45

    Backtrace:

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_social_media_links.php
    Line: 45
    Function: _error_handler

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_header.php
    Line: 770
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/controllers/Home.php
    Line: 164
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/index.php
    Line: 315
    Function: require_once

Progam Bhakti Mahasiswa sebagai Wadah Pengabdian Masyarakat

Malang - Perguruan tinggi memiliki tri dharma yang harus diamalkan. Salah satunya, mengenai pengabdian masyarakat. Dengan dibentuknya Organisasi Kemahasiswaan Intra (OKI), maka lahir pula Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Untuk bidang pengabdian masyarakat ada UKM yang memang fokus pada hal tersebut yaitu UKM Bhakti Karya Mahasiswa (BKM).

UKM BKM dengan Kautamaan Mrih Utomo - nya dan jargonnya yaitu "BKM Kompak" merancang beberapa progam kerja salah satunya adalah Progam Bhakti Mahasiswa (PBM). PBM menjadi progam kerja andalan yang diadakan rutin setiap tahunnya.

Dimulai dari pikiran beberapa orang mulai dari anggota UKM BKM sendiri dan pihak kampus seperti Dosen Pembina Kemahasiswaan dan Pembantu Direktur III, PBM mendapatkan apresiasi yang semakin meningkat tiap tahunnya. Pada awal diadakannya PBM, PBM memiliki konsentrasi pada renovasi TK. Namun, hal tersebut sebenarnya bisa berbeda setiap tahunnya.

Perbedaan tersebut dimulai pada tahun 2016 hingga saat ini yaitu dengan pembuatan tandon. Lokasi PBM setiap tahunnya berubah, tergantung dari hasil survey yang sudah disesuaikan dengan beberapa kriteria. Tahun 2016 Dusun Mendek , tahun 2017 Desa Pandansari dan tahun 2018 di Dusun Gunung Tumpuk. Untuk saat ini, PBM masih menjangkau daerah Kabupaten Malang.

Karena pembuatan tandon lebih kepada kemampuan laki - laki, maka di dalam PBM juga terdapat kegiatan yang lain agar yang perempuan dapat melakukan pengabdian masyarakat juga. Ada kegiatan bakti sosial dan kesehatan masyarakat yang mana dengan adanya dua kegiatan tersebut sasaran dari PBM semua elemen masyarakat di daerah tersebut. Mulai dari anak - anak hingga yang berusia lanjut dapat merasakan esensi dari PBM.

Persiapan PBM dilakukan mulai dari survey tempat sekitar pertengahan bulan bahkan sebelumnya. Setelah tempat ditetapkan, maka pengerjaan PBM yaitu renovasi ataupun pembuatan tandon dapat dilakukan. Tentunya sebelumnya sudah ada perhitungan mengenai takaran bahan yang dibutuhkan dengan pihak yang berkaitan dalam bidang tersebut contohnya adalah Dosen Teknik Sipil. 

Setiap tahunnya, kegiatan positif selalu dilakukan. Penggalangan dana selalu digiatkan untuk mencapai puncak acara dari PBM. Puncaknya pada minggu awal liburan semester, UKM BKM menginap di daerah tersebut dengan melakukan finishing target, bakti sosial dan kesehatan masyarakat. Kegiatan kecil seperti mengajar mengaji dan melakukan kerja bakti juga dilakukan.

Kamu suka dengan konten akutahu.com? Berikan dua jempol sebagai tanda kamu menyukai konten ini.

Beritahu cuan reaksi kamu setelah membaca konten ini.

like
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0