Presiden Menginstruksikan BRG Meneruskan Pembangunan Sekat Kanal

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Badan Restorasi Gambut (BRG) untuk meneruskan pembangunan sekat kanal untuk membasahi lahan gambut. Sekat ini sangatlah penting untuk memastikan agar lahan gambus terus menerus basah sehingga meminimalkan kebakaran di musim kemarau.

Menurut siaran pers dari BRG yang diterima oleh Media Akutahu, Presiden Jokowi menginstruksikan kepada BRG untuk berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti TNI, Polri, dan Pemerintahan Daerah untuk bersama menghadapi bahaya kebakaran hutan.

Terlepas dari berbagai kejadian kebakaran hutan yang terjadi belakangan ini, Kepala BRG, Nazir Foead tetap menunjukan optimismenya terhadap kinerja BRG.

“Kejadian kebakaran hutan menurun terus tiap tahun” Tegas Nazir usai menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan 2019 di Istana Negara pada Selasa (06/08)

Nazir juga menambahkan Presiden Jokowi memiliki permintaan khusus untuk BRG. Jokowi menaruh perhatian besar terhadap penataan ekosistem gambut. Menurut Nazir presiden berpesan agar BRG terus menjaga tinggi muka air dan kebasahan lahan gambut agar kebakaran hutan bisa dicegah.