PPDB Tingkat RW, Jalur Baru Ini Akan Dibuka 4 Juli 2020

Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021 di Jakarta telah ditambah jalur baru oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

Tingginya minat masyarakat untuk masuk ke sekolah negeri menjadi alasan diadakan jalur tersebut. Melalui jalur ini, banyak siswa yang berhasil lolos dalam seleksi zonasi PPDB.

Jalur baru tersebut diberi nama oleh Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana, dengan sebutan jalur, Zonasi Bina Sekolah RW.

Acuan dalam jalur ini adalah RW sekolah, jadi ketika rumahnya masih satu RW dengan sekolah memiliki peluang untuk masuk sekolah tersebut.

"Hari ini kami mengumumkan Pemprov DKI melalui Dinas pendidikan membuka jalur yang namanya Jalur Zonasi Untuk Bina RW Sekolah," ujarnya dalam diskusi daring, Selasa (30/6/2020).

Jalur Zonasi Untuk Bina RW Sekolah penyediannya sudah berkordinasi sebelumnya dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Lonjakan murid ini, menjadi alasan yang menyebabkan akan ada penambahan kapasitas tampung per kelas di setiap sekolah dari 36 siswa menjadi 40 siswa.

"Rasio di setiap kelasnya dari 36 menjadi 40 siswa. Kami tentu berkoordinasi dengan Kemendikbud sebelum memutuskan ini. Kami minta untuk diizinkan," ungkapnya.

Waktu pembukaan pembukaan jalur zonasi untuk bina RW akan dibuka pada 4 Juli 2020 dan calon siswa yang berada dalam satu wilayah RW dengan sekolah bisa langsung mendaftar.

"Akan kami buka di tanggal 4 Juli 2020 dan lapor diri pada tanggal 6 Juli 2020," kata Nahdiana.

Sementara itu, apabila ada lonjakan calon siswa yang cukup tinggi, maka pemberlakuan usia masih berlaku untuk diterapkan.

"Perlu disampaikan juga sebaran penduduknya di tiap sekolah tidak sama, jadi ketika satu RW banyak, maka kami akan lakukan seleksi," kata Nahdiana.(ani/nab)