Polri Bahas Tuntas Hoax

Jakarta -  hoax atau kabar bohong telah menjadi momok yang meresahkan masyarakat.  Fenomena ini mengaburkan fakta, opini, dan bohong. Merespons hal ini, Polri dan Cyber Indonesia mempersembahkan Turn Back Hoax, Smart People yang diselenggarakan di Hard Rock Cafe Jakarta pada (28/02/2019) sebagai penyuluhan kepada masyarakat terkait penyebaran kabar bohong di dunia siber.

Dalam acara ini segala hal mengenai kabar bohong, ujaran kebencian, UU ITE, dan kasus sara dikupas tuntas. Menurut Zakyr Rasyidin dari Cyber Indonesia penyebar hoax harus ditindak siapapun dia. Akan tetapi perlu diperhatikan mana yang hoax mana yang bukan.

"kalau hoax kan penyebarannya tidak berdasarkan fakta tapi kalau kritik itu berbasiskan data. Jika kritik tidak berbasiskan data fitnah namanya" terang Zakyr.

Lebih lanjut lagi ia berpesan pada masyarakat untuk ikut turun tangan dengan memberantas hoax di dunia maya dengan cara tidak ikut menyebarkan hoax ketika dapat berita bohong dari whatsapp, facebook atau platform-platform lain. Hentikan rantai penyebaran hoax dari diri sendiri. Terakhir, ia mengingatkan penyebar hoax juga dapat dipidanakan