PMI Akan Bagikan Masker Gratis kepada Masyarakat

Sebagai bentuk pencegahan penyebaran COVID-19, PMI akan membagikan masker secara cuma-cuma. PMI mengaku memiliki stok masker untuk masyarakat. Namun, masker tersebut akan dibagikan gratis kepada masyarakat jika penyebaran corona di Indonesia meluas.

"Jika sudah waktunya dibagikan, akan kami bagikan,” ujar Sekertaris PMI Sudirman Said usai menghadiri acara diskusi publik di Auditorium Nurcholis Majid Universitas Paramadina, Kamis (5/2).

Sudirman berharap nantinya masker hanya dipakai bagi orang-orang yang sakit untuk menghindari penularan virus. Hal ini dilakukan agar stok masker tidak cepat habis.

"Seperti yang sudah diungkapkan oleh menkes dan ketua PMI, masker diperuntukkan bagi orang sakit," tambahnya.

Selain bekerjasama dengan pemerintah, PMI juga sudah melakukan diskusi dengan TNI di delapan provinsi yang ibukotanya terdapat bandara-bandara terbuka dengan dunia luar. Diskusinya tentang bagaimana persiapan PMI dan TNI dalam menghadapi wabah corona seperti perkiraan ambulan yang dibutuhkan dan menyiapkan kru. Mereka juga akan bekerjasama dengan rumah sakit di delapan provinsi tersebut dengan menyediakan kelengkapan alat pelindung diri, sarung tangan dan baju khusus.

“Kami juga akan mengumpulkan TNI di tiap-tiap kabupaten/kota di Indonesia untuk menyebarluaskan informasi corona, risiko dan pencegahannya,” ungkapnya. (Zikri/YSN)