• A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined variable: rss_hide

    Filename: partials/_social_media_links.php

    Line Number: 45

    Backtrace:

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_social_media_links.php
    Line: 45
    Function: _error_handler

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_header.php
    Line: 770
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/controllers/Home.php
    Line: 164
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/index.php
    Line: 315
    Function: require_once

Pewdiepie, Sukses Jadi Influencer Positif di YouTube

Situs berbagi video YouTube tak asing lagi bagi pengguna internet. Sepertujuh penduduk dunia adalah penggunanya, mulai dari anak-anak hingga dewasa pun sudah terbiasa menggunakan platform ini.

Bahkan dikutip dalam dewaweb.com, YouTube merupakan mesin pencari terbesar ke 2 setelah Google. Di situs ini, semua orang dapat berbagi sekaligus menemukan kebahagiaan, hiburan, informasi, tutorial dalam bentuk video yang diunggah oleh setiap penggunanya. Istilahnya: Dari dan Untuk Pengguna.

Atta Halilintar

Sobat pernah mendengar nama Atta Halilintar? Hingga saat ini, Atta adalah influencer tersukses di Indonesia dengan lebih dari 8 Juta subscribernya. Subscriber adalah istilah dalam youtube yang secara sederhana dapat diartikan sebagai “pengikut”.

Jika Atta dengan 8 Juta subscribernya sudah dapat menjadi sensasi yang fenomenal di Indonesia, bagaimana dengan Pewdiepie yang memiliki subscriber 10x lipat lebih banyak? 80 Juta lebih subscriber dan total hingga saat ini 200-an miliar viewer bukanlah jumlah yang kecil bagi seorang youtuber.

Pewdiepie merupakan youtuber tersukses (subscriber terbanyak) di dunia. Gak perlu lagi deh kita fokus pada seberapa banyak uang yang dihasilkannya, sudah terlalu banyak yang membahasnya, yang perlu sobat renungi adalah seberapa banyak “nilai” yang dapat dibagikan oleh Pewdiepie sejak 2010 yang lalu sebagai seorang influencer (baca: orang yang memberikan pengaruh) kepada subscribernya.

Bagi seorang Felix Kjellberg, pria 28 tahun yang menjadi sosok di balik persona Pewdiepie, tentu saja uang dan ketenaran bukanlah hal yang sulit didapatkan. Tantangan terberatnya saat ini adalah bagaimana menggunakan pengaruhnya untuk dapat membagikan inspirasi yang positif kepada para viewernya. Sedikit saja “terpeleset” akan memberikan dampak yang masif. Dilansir Slashgear, beberapa tahun lalu karena lelucon viralnya yang bernada rasis, Kjellberg diputus kontrak oleh Disney, serta mendapatkan banyak sekali respon yang negatif dari masyarakat internet di seluruh Dunia. Dikutip dalam gamebroot, Kjellberg akhirnya mengunggah sebuah video yang berisi pernyataan bahwa Pewdiepie berjanji akan membuat konten yang lebih family friendly sehingga dapat dinikmati oleh semua orang.

Jika dilihat dari perspektif lain, Kjellberg juga banyak memberikan dampak positif kepada viewenya. Dilansir Quora, tidak terhitung seberapa banyak youtuber yang mengadopsi gaya dan kemampuan Kjellberg dalam mengelola channelnya. Oiya, apakah sobat mensubscribe channel-channel yang berisi vlog, review game, serta edukasi di youtube? Besar kemungkinan channel yang sobat ikuti tersebut juga mengadopsi gaya pada channel yang dikembangkan oleh Felix melalui Pewdiepie.

Nah belajar dari fenomena channel Atta dan Pewdiepie, setidaknya ada dua pelajaran berharga yang bisa kita petik. Pertama, jangan menganggap remeh pengaruh yang sobat punya di youtube ataupun social media lain yang sobat miliki. Ketika informasi yang sobat bagikan menjadi viral, teman-teman sendiri lah yang akan mendapatkan konsekuensinya. Beruntunglah jika informasi viral yang sobat bagikan tersebut bernilai yang positif. Kalau negatif? Di Situ Kadang Saya Merasa Sedih..

Pelajaran kedua yang dapat kita petik adalah untuk fokus terhadap value-value positif pada informasi yang akan teman-teman bagi. Kalau pun harus menyinggung hal-hal yang bersifat negatif, tetap sampaikanlah dengan cara terpositif yang sobat bisa. Oh saya ingat kutipan dari sahabat yang kira-kira pesannya seperti ini: “The Bad News is not a good News. The Good News is only The Best News.”  Semoga artikel ini bermanfaat buat sobat semua.

 

Sumber: databok.katadata.co.id, dewaweb.com, slashgear.com, Quora.com, gamebrott.com

Gambar: youtube.com, tubefilter.com, thejournal.ie, inverse.com

Kamu suka dengan konten akutahu.com? Berikan dua jempol sebagai tanda kamu menyukai konten ini.

Beritahu cuan reaksi kamu setelah membaca konten ini.

like
1
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0