• A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined variable: rss_hide

    Filename: partials/_social_media_links.php

    Line Number: 45

    Backtrace:

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_social_media_links.php
    Line: 45
    Function: _error_handler

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_header.php
    Line: 770
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/controllers/Home.php
    Line: 164
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/index.php
    Line: 315
    Function: require_once

Ternyata Ini Fungsi Akuntan untuk Kesejahteraan Negara

Akuntan juga memiliki andil dalam membantu negara. Hal ini adalah topik yang dibicarakan pada seminar berjudul Protecting Public Interest and Building Prosperity. Seminar ini merupakan bagian dari rangkaian acara Kongres XIII Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) 2018 yang dilaksanakan pada 11-13 Desember 2018 di Balai Kartini, Jakarta.

Seminar ini mengundang tiga narasumber yaitu Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Konsultan Kementerian BUMN, Dirjen Pajak, Robert Pakpahan, dan Rolande Pryce dari Bank Dunia.

Pembicara pertama, Gatot Trihargo membuka seminar dengan memaparkan data mengenai potensi ekonomi Indonesia. Indonesia adalah negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi diantara negara-negara anggota G-20. Pertumbuhan ekonomi, terutama pada sektor digital Indonesia naik dari 22% dari tahun 2012 ke angka 50% di tahun 2017. Pertumbuhan ini tentunya membuat banyak investasi di Indonesia. Menurut Gatot Trihargo, akuntan memiliki peran yang vital pada saat ini.

"Akuntan terjebak pada sebuah dilema dimana di satu sisi, ia harus menjaga rahasia perusahaan, tapi mereka juga memiliki kewajiban untuk menyediakan data pada publik termasuk investor dengan transparan. Kunci untuk keluar dari dilema ini adalah menemukan keseimbangan antara kepentingan publik dan privat atau perusahaan," kata Gatot Trihargo.

Sementara itu, negara juga harus membuktikan kalau ia dapat dipercaya oleh publik terutama menyoal pajak. Tanpa pajak, negara tidak bisa menyejahterakan rakyatnya. Akan tetapi, bagaimana masyarakat bisa mempercayakan uangnya pada negara jika masalah pajak masih rawan.

Menanggapi polemik tersebut, Dirjen Pajak, Robert Pakpahan mengatakan kalau Direktorat Jenderal Pajak terus mengambangkan diri untuk selalu menjadi lebih akuntabel demi masyarakat seperti lewat kebijakan digitalisasi pajak dan reformasi pajak.

Ditambahkan pula oleh Rolande Pryce, kalau rahasia negara adalah menghasilkan uang lebih dan mengalokasikan anggaran secara tepat-guna. Bagi Pryce, yang harus menjadi fokus Indonesia sekarang adalah sektor pendidikan dan kesehatan. Oleh karena itu untuk menjadi negara yang lebih baik, Indonesia harus mengevaluasi prioritas mereka berdasarkan formula yang ditawarkan oleh konsultan Bank Dunia ini.

Kamu suka dengan konten akutahu.com? Berikan dua jempol sebagai tanda kamu menyukai konten ini.

Beritahu cuan reaksi kamu setelah membaca konten ini.

like
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0