Peran Orangtua dalam Perencanaan Pendidikan dan Karier untuk Anak

Jakarta - Menurut hasil jejak pendapat yang dilakukan oleh Pusat Pengembangan Kewirausahaan pada tahun 2010 sebanyak 90% mahasiswa Universitas Udayana yang mengaku salah jurusan mengatakan terpaksa mengikuti keinginan orang tua mereka.

Akibatnya, dalam melakukan aktivitas akademik mereka terasa tertekan dan cenderung menerapkan prinsip “pokoknya selesai” tanpa adanya keinginan untuk meningkatkan hasil studi mereka. Beberapa mahasiswa mengaku jenuh dan terkadang berpikir menyesal atau salah memilih jurusan yang mereka jalankan.

Dari kondisi tersebut, menurut pemerhati pendidikan latar belakang masalahnya terletak pada minimnya pemahaman orangtua dalam merencanakan pendidikan dan karier anak. 

Perkembangan dan kemajuan zaman tentunya memiliki irisan yang jelas dengan medium kompetensi yang harus dimiliki oleh anak-anak yang belajar atau kuliah  saat ini,  dengan kebutuhan profesionalitas serta dinamika kerja di era global.

Melalui diskusi parenting ini, kami komunitas Turun Tangan mencoba memberikan deskripsi yang paling tidak dibutuhkan oleh para orangtua, dalam rangka memperingati hari keluarga.

Sekaligus mengajak semua peduli dan berperan aktif dalm menyiapkan masa depan anak melalui perencanaan dan pemetaan  pendidikan mereka berdasarkan skill yang dibutuhkan saat ini.

Sebab itulah, Turun Tangan Jakarta pada Hari Keluarga akan mengadakan Seminar Parenting: “Masa Depan Anak di Tangan Mereka, bukan Orangtua”


Pemateri:

•Maria Advianti (Deputi Pengembangan Kapasitas, Konsultan Nasional P3MD (Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa), Dirjen PPMD, Kemendesa dan PDTT)


•Julia Jasmine - Program Manager YouthManual

•Fia Helmi (Engagement Manager Yayasan Rangkul Keluarga Kita)

• A. Ramdani (Pembina Turun Tangan Jakarta, Founder Sekolah Orangtua)

• Sitti Hikmawati - (Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia)


Moderator: Muhammad Islah Satrio (Turun Tangan Jakarta)

Hari/tanggal: Minggu, 30 Juni 2019
Tempat: Ruang 1000 Wajah Lt 22 Balaikota DKI Jakarta
Jam: pkl 13.00-16.00 wib


Acara ini bukan hanya untuk orangtua, tetapi juga semua calon orangtua untuk memperoleh ilmu parenting agar tidak salah dalam mendidik anak. Karena pendidikan dimulai dari dalam rumah, yaitu keluarga.

Untuk pendaftaran bisa melalui:
http://bit.ly/diskusikeluarga atau 0895331253255 (Nana)