Peran Akuntan di Era Disrupsi Bisnis Harus Lebih Luas

Kongres XIII Ikatan Akuntan Nasional (IAI) dilaksanakan tiga hari, dari tanggal 11 sampai 13 Desember 2018 di Balai Kartini, Jakarta. Dalam acara ini, Brian Chung, Councillor Certified Practicing Accountant Australia, memberikan pandangannya untuk para akuntan yang harus siap dengan era disrupsi bisnis

"Akuntan harus siap dengan era disrupsi bisnis yang mengancam perusahaan non digital. Akuntan tidak lagi bisa menjadi seorang analis data, melainkan sudah harus menjadi partner strategis. Dalam hal ini, akuntan harus mampu menyelesaikan tugas yang luas dan mempelajari hal yang baru," kata Brian Chung, Selasa (11/12/2018).

Brian Chung menggarisbawahi, akuntan harus mampu beradaptasi dan menerima perubahan itu. Dunia yang semakin digital menjadikan Artificial Intelligence merambah ke banyak bidang,  akuntan harus cakap dalam menggunakannya.

Kini, akuntan tidak lagi cukup untuk mempelajari ilmu akuntansi saja, tapi harus mampu memahami secara mendasar ilmu lain seperti, psikologi, pemasaran, data serta kecakapan teknologi, keahlian strategis dan kemampuan fundraising. Dengan begitu, akuntan akan siap dalam menghadapi perubahan disrupsi digital ini.

Reporter: Andi Wirapratama