Pelaku Industri Kecantikan Ungkap Cara Adaptasi Saat Pandemi

Saat ini masyarakat tengah menghadapi perubahan serta dampak dari pandemi Covid-19. Salah satunya dalam keberlangsungan kegiatan usaha. Salah satu sektor yang terdampak ialah industri kecantikan. Cara pelaku industri kecantikan terus bertahan adalah dengan beradaptasi.

Selama beberapa tahun belakang, industri kecantikan marak digemari oleh berbagai kalangan. Saat pandemi, industri ini menjadi salah satu sektor jasa yang terdampak. Profesi ​makeup artist dan hairstylist menjadi contoh jasa yang mengalami penurunan permintaan.

“Sebagai profesi yang membutuhkan kontak langsung, pandemi Covid-19 tentu menjadi sebuah rintangan bagi kami para pelaku industri kecantikan. Momen ini tidak menjadi alasan untuk berhenti, tetapi merupakan waktu yang tepat untuk mengembangkan bisnis kecantikan dengan beradaptasi,” ujar Makeup Artist Allyssa Hawadi, ​(27/8/2020).

Ada pun cara yang diterapkan oleh para pelaku industri kreatif guna beradaptasi saat kondisi pandemi, antara lain:

  1. Mencari ilmu dan mengasah ​keterampilan

​Belajar melalui platform yang sesuai untuk memperluas ilmu dan keterampilan ​makeup atau ​hairdo terbaru yang belum dikuasai. Caranya dapat dengan mengikuti kelas atau diskusi daring.

  1. Melengkapi produk dan alat make up

Produk dan alat make up yang lengkap dapat menunjang kebutuhan pelaku industri kecantikan khususnya make up artist dalam mengasah keterampilan.

  1. Mengetahui market & tren yang sedang berlangsung

Ketahui tren make up atau hair do yang sedang diminati saat ini. Serta temukan target               konsumen yang sesuai dengan ​make up atau ​hair do style yang dimiliki. 

  1. Mencari peluang dan mempelajari kanal pemasaran

Pelajari dan temukan channel pemasaran dalam bentuk apapun, mulai dari sosial media,            platform digital, fitur-fitur aplikasi dan kolaborasi untuk membuka peluang baru.

  1. Rapikan platform

Platform yang rapi dapat menjadi digital portfolio.

  1. Tingkatkan interaksi melalui platform digital

Ciptakan ​engagement melalui platform digital yang dimiliki seperti membuat kolaborasi dengan pihak lain agar tercipta interaksi yang menarik.

  1. Praktikkan protokol kesehatan yang aman dan sesuai

Terapkan protokol kesehatan untuk dirimu dan pelanggan seperti penggunaan masker, rajin mencuci tangan, hand sanitizer maupun pengecekan suhu untuk mengantisipasi penyebaran virus.

  1. Melakukan kolaborasi

Membuka diri dan mencari kesempatan untuk melakukan kolaborasi untuk menciptakan sebuah konten dan inisiatif yang menarik dan bermanfaat.

  1. Memperluas networking dengan bergabung dalam komunitas

Bergabunglah dengan komunitas untuk berdiskusi, menemukan peluang baru serta memperkuat hubungan dengan orang-orang yang memiliki minat sama untuk memajukan industri kecantikan.

Penulis: Alfida Rizky Febrianna

Editor: Yusnaeni