Peduli Anak Wilayah 3T dan Kelompok Rentan, Wahana Visi Indonesia Gelar Vaksinasi Massal

Jakarta (05/09/2021) – Wulan (16), anak dari Cipinang, Jakarta mengukapkan keinginannya agar dapat bersekolah secara tatap muka kembali dapat segera dilaksanakan.

"Saya ingin segera sekolah tatap muka lagi, sekolah offline, karena sekolah online itu sering sulit memahami materi pelajaran dan menghabiskan kuota internet banyak sekali. Apalagi sekarang kondisi ekonomi kurang baik, Bapak nggak kerja, hanya Ibu yang kerja, jadi Ibu kasian," tuturnya dalam rilis Wahana Visi yang diterima Akutahu.com.

Kondisi yang demikian menggerakan Wahana Visi Indonesia (WVI) untuk menggandeng pemerintah daerah, kepolisian daerah serta Rumah Zakat dalam melakukan vaksinasi massal yang ditargetkan bagi 2.650 anak usia 12-17 tahun, 1.000 orang masyarakat umum dan 850 penyandang disabilitas, yang diadakan di wilayah DKI Jakarta, Surabaya, juga Sigi dan Donggala di Sulawesi Tengah.

Tak hanya berfokus pada usia anak, WVI juga menyasar pada kelompok rentan. Salah satu yaitu para penyandang disabilitas dengan memberikan sosialisasi vaksinasi dan menyediakan akses ke lokasi vaksin. Untuk dapat mengoptimalkan peran WVI sebagai fasilitator, WVI berkerjasama dengan organisasi penyandang disabilitas diberbagai daerahnya.

 Percepatan Vaksinasi diwilayah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal) dan kelompok rentan diharapkan dalam membantu pemerintah Indonesia untuk mewujudkan kekebalan imunitas masyarakat untuk melawan pandemi Covid-19, hingga kini program Vaksinasi ini telah diikuti oleh 849 orang.

Program ini mendapatkan respon positif dari berbagai Kalangan masyarakat, salah satunya yaitu Estepania Leni (45), salah seorang warga yang mengikuti vaksin di Kabupaten Sambas Kalimatan Barat menuturkan, "Saya mengikuti vaksin ini supaya badan saya sehat. Terima kasih kepada Polres Sambas dan Wahana Visi Indonesia."Ujar Leni

Selain itu, Response Manager COVID-19 Pandemic Emergency Response WVI Eninofa Rambe mengatakan jika tujuan program ini agar kita terus berjuang melawan pandemic Covid-19 dan juga mencapai target kekebalan populasi terutama di wilayah 3T dan kelompok rentan.

“Perjuangan melawan COVID-19 masih belum usai. Kita terus mengejar target kekebalan populasi dan juga terus menyosialisasikan pentingnya vaksinasi terutama untuk masyarakat di daerah 3T yang masih terbatas dalam mendapatkan informasi. Selain itu kami juga mendistribusikan paket makanan, paket masker, serta bantuan nontunai, Alat pelindung diri, alat rapid antigen juga dibagikan di fasilitas kesehatan khususnya di daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T).” Ujar Eninofa Rambe dalam rilis Wahana Visi Indonesia.

(Didit Handika)