• A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined variable: rss_hide

    Filename: partials/_social_media_links.php

    Line Number: 45

    Backtrace:

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_social_media_links.php
    Line: 45
    Function: _error_handler

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_header.php
    Line: 770
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/controllers/Home.php
    Line: 164
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/index.php
    Line: 315
    Function: require_once

Indahnya Nuansa Masjid Nabawi di Banten Lama

Tak disangka, Banten ternyata menyimpan keindahan arsitektur. Kawasan situs peninggalan kerajaan Banten terdapat replika atap atau payung peneduh mirip yang berada di Madinah, Arab Saudi.

Wisata kawasan Kesultanan Banten sedang dipersiapkan menjadi salah satu tujuan wisata religi kelas dunia. Terlebih, selain arsitektur wajah barunya yang dipoles cukup memikat, Banten Lama memiliki daya tarik dengan catatan sejarahnya yang menakjubkan.

Hasil gambar untuk Nabawi di banten lama

Pada momentum tertentu seperti Hari Raya Idulfitri, Iduladha dan bulan Maulud, Banten Lama selalu ramai dikunjungi banyak orang. Saat ini, kawasan Banten Lama cukup rapi. Selain payung peneduh mirip di Masjid Nabawi Madinah, pada bagian lantai sudah terpasang marmer. Di sisi kanal, sudah dihiasi dengan taman. Di sekitar Keraton Surowosan juga dipasang lampu hias, pagar dan tulisan raksasa.

Kemudian, di Keraton Kaibon terdapat taman kecil yang dinamai Taman Keraton Kaibon. Jembatan didekatnya dicat warna-warni untuk menghilangkan kesan kumuh. Perubahan fisik pada Banten Lama akan lebih menarik kunjungan wisatawan.

“Perubahan yang luar biasa. Saya tidak menyangka pembenahan Banten Lama akan seperti ini,” kata Misbah seorang pengunjung kepada Kabar Banten.

Model pengembangan dapat disampaikan melalui informasi yang akurat kepada wisatawan. Sehingga nilai-nilai luhur yang ada tetap bertahan dan menjadi kekuatan wisata.

Gambar terkait

Dengan pola ini diharapkan akan terjadi perpaduan antara kebersamaan pariwisata dengan mempersatukan semua umat, suku agama apapun dapat berpadu dengan saling menghormati.

Selain itu, berimbas pada pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal. Bisnis perjualan peci dan sarung di sekitar kawasan akan berkembang.

Untuk membimbing wisatawan, disediakan juga pemandu yang bertugas memberikan informasi tentang sejarah Banten Lama. Bahkan, Pemda Banten juga menyediakan kawasan sanggar-sanggar, meliputi sanggar budaya, kesenian dan mengaji. Tempat ini akan jadi ruang wisatawan mempelajari aneka ragam Banten. (DP)

 

Sumber : kabar-banten.com, tribunnews.com, inilahbanten.co.id

Foto : kontakbanten.com, berita.baca.co.id, Banten.News.co.id

Kamu suka dengan konten akutahu.com? Berikan dua jempol sebagai tanda kamu menyukai konten ini.

Beritahu cuan reaksi kamu setelah membaca konten ini.

like
2
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0