Netizen Fair 2019, Menkominfo Rudiantara: Terus Ingatkan Masyarakat Lawan Konten Negatif

Jakarta - Netizen Fair 2019, sukses digelar di Kota Kasablanka, Jakarta, 5 Oktober 2019. Acara ini merupakan bagian dari kegiatan Gerakan Nasional Literasi Digital dari Siberkreasi, mengajak masyarakat untuk berselancar di dunia maya dengan sehat, termasuk melawan konten negatif yang banyak beredar.

Satu rangkaian acaranya yaitu workshop DigiConference, Beat the Negativity with Positive Mind pun juga digelar. Acara ini dikemas dengan ringan, bentuknya seperti bincang-bincang membahas mengenai dunia maya hingga etika dalam berselancar.

Acara ini diisi oleh sederet sosok terkenal di Tanah Air, mulai dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Emil Dardak, Walikota Bogor Bima Arya hingga Aditia Irawati.

Masyarakat yang antusias memadati hall Mall Kota Kasablanka, rata-rata merupakan generasi muda. Mereka mendengarkan dengan seksama bincang-bincang yang disajikan Menteri Rudiantara yang disebut Chief R.A.

Chief R.A tak henti-hentinya mengingatkan agar masyarakat berselancar dengan sehat. Apabila menggunakan internet tidak sehat, maka pengguna ikut rugi.

"Zaman sekarang kan sudah berubah. Dulu, kalau kita menelpono orang lain, maka kita yang terpotong pulsanya. Kalau sekarang, yang kirim gambar kena biaya, yang terima juga harus mengeluarkan biaya, kalau kontennya negatif kan jadi rugi," kata Menteri Rudiantara, disambut anggukan oleh penonton.

Selain itu, ia juga mengingatkan mulai menyaring berita atau kabar yang masuk lewat aplikasi pesan juga harus dilakukan, untuk menghindari ikut dalam menyebarkan hoax.

"Harus mulai bersih dan bijak dalam memakai media sosial atau aplikasi chatting, mulai dengan memposting konten positif, untuk menolong orang, dibandingkan yang negatif, tapi harus diperhatikan lagi isi kontennya. Tak ada salahnya juga untuk memverifikasi atau mencari tahu kebenaran konten tersebut," Menteri Rudiantara menambahkan.