Negara-negara ASEAN Bangun Identitas Bersama

Depok - Perwakilan Tetap Indonesia untuk ASEAN memberikan kuliah umum di Universitas Indonesia hari ini, Kamis (4/4/2019). Perwakilan tetap dari 10 negara anggota ASEAN bersama dengan Deputi Sekretaris Jenderal ASEAN memaparkan pengalaman selama menjabat.

Perwakilan tetap Thailand untuk ASEAN, Phasporn Shanasubanna, menjelaskan bahwa kuliah umum ini penting untuk memberikan kesadaran kepada publik mengenai keberadaan ASEAN.

Dia juga mengajak para mahasiswa dan akademisi untuk berinteraksi kepada para perwakilan tetap.

Dia juga menjelaskan bahwa Thailand ingin membangun sustainability partnership atau kerjasama berkelanjutan antar negara ASEAN, selama kepemimpinan Thailand, yang mendapat giliran chairmanship di ASEAN tahun ini.

ASEAN adalah organisasi regional yang terdiri dari 10 negara anggota ASEAN. ASEAN mempromosikan kerja sama di berbagai bidang seperti ekonomi, politik, keamanan, pendidikan, sosial dan budaya antar negara negara Asia Tenggara.

Sementara itu, Dr. Arie Susilo, Dekan FISIP UI, dalam pidatonya, menjelaskan bahwa acara ini adalah hal yg esensial untuk menciptakan identitas bersama dan rasa kepemilikan ASEAN kepada masyarakat. (Dp)