Merdeka Finansial, Kelola Uang dengan Perencanaan

Finansial yang merdeka dapat tercapai dengan pengelolaan keuangan yang baik. Merdeka finansial tidak hanya mengandalkan penghasilan yang besar, melainkan juga dengan pengelolaan yang benar. Pengelolaan uang yang benar dapat dilakukan dengan perencanaan keuangan.

Financial Expert Simson JM Sinaga menyebut, dalam melakukan apa pun seseorang harus menetapkan tujuan. Termasuk dalam mencapai finansial yang merdeka, seseorang harus punya perencanaan keuangan. Orang yang memiliki perencanaan keuangan akan terarah dalam mengontrol keuangan, sehingga tujuan hidup lebih cepat tercapai.

“Penghasilan merupakan sesuatu yang harus kita jaga, sementara pengeluaran merupakan sesuatu yang harus kita kelola. Itu lah yang dinamakan financial planning,” katanya pada webinar bertajuk ‘Personal Financial Hacks’ yang diselenggarakan Shareabook, Sabtu (5/9/2020).

Pengelolaan keuangan dapat dilakukan dari mulai mengatur gaya hidup, investasi, juga membagi keuangan ke dalam beberapa kategori. Di antaranya untuk hak Tuhan dan orang lain, hutang yang bijak, asuransi dan dana darurat, dan investasi. Kategori keuangan ini tentunya harus sesuai dengan presentase yang tepat.

“Bagi penghasilan ke dalam pos-pos pengeluarkan sesuai dengan presentase. Misalnya dalam berhutang maksimal besarnya 35 persen dari penghasilan. Prioritaskan hutang produktif. Lalu, investasi minimal 10 persen dari penghasilan. Sisihkan uang untuk masa depan, sisanya untuk biaya hidup saat ini. Saving dulu baru spending,” ujar Simson.

Content creator Youtube Jovial Da Lopez menjadi salah seorang yang menerapkan perencanaan keuangan. Dalam menghasilkan uang, ia mengaku berani mengambil risiko dari peluang yang ada. Ia berani mengeluarkan modal dalam berkarya sebagai wujud investasi masa depan.

“Saya berani mengeluarkan modal besar demi membuat konten yang bagus. Dalam membuat web series, kami mengutamakan kualitas dan berani mengeluarkan modal ratusan juta. Keuntungan dari YouTube tidak akan sebanyak modal, tetapi bisa datang dari mana saja. Bagi saya ini menjadi sebuah investasi masa depan,” tutur Jovi.

Ada pun beberapa tips dalam perencenaan keuangan yang dikemukakan Simson JM Sinaga. Antara lain belajar mengenai topik keuangan, membuat rekening auto debet untuk rencana masa depan, atur biaya dan gaya hidup, mempertimbangkan kembali kebutuhan sebelum membeli suatu barang, serta menghindari sifat konsumtif.

Pernyataan serupa juga diungkapkan Jovial Da Lopez, “Jika kita membuat waktu untuk konsumsi, maka itu waktu yang kita buang untuk produksi. Dari pada membuang waktu tersebut, lebih baik kita produktif.” tutupnya. (AFP)