Menteri Rudiantara Berharap Remaja Indonesia Lebih Kreatif

Jakarta - Tim Riset Siberkreasi paparkan Indeks Literasi Digital Remaja Indonesia dalam acara peluncuran buku seri Literasi Digital di dalam acara Gedung Serbaguna Kemenkominfo, Jakarta, Senin (1/4/2019).

Menurut mereka, remaja Indonesia sudah cukup baik dalam literasi digital dengan mencapai level 3 (baik). Ada delapan komponen yang menjadi penilaian dari indeks literasi digital, 
termasuk kreativitas.

Namun, remaja Indonesia ternyata mengalami literasi digital yang paling rendah di bidang kreativitas, dari komponen-komponen lainnya. Selain itu, sebagian besar remaja juga mendapatkan pengetahuan teknologi digitalnya secara otodidak, kemudian diikuti dengan keluarga, lalu sekolah. 

Terkait dengan rendahnya sekolah dalam membantu literasi digital,  Menkominfo Rudiantara saat ditemui usai acara, mengatakan bahwa ini akan menjadi tugas bersama pemerintah.

"Ini kan masih temuan, masih harus divalidasi lagi" ungkap Menteri Rudiantara.

Pemerintah nantinya akan bekerja sama dengan operator seluler untuk membantu literasi digital masyarakat. Hal ini karena operator memiliki data yang diperlukan pemerintah.

"Tinggal mekanismenya nanti dibicarakan bagaimana" Menteri Rudiantara menambahkan.

Riset ini dilakukan di empat kota yaitu di Bandung, Denpasar, Pontianak dan Surabaya. Sementara itu, data dari Makassar, Jakarta serta kota besar lainnya menyusul.

Reporter: Andi Wirapratama