Menteri Keuangan RI Berharap IAI Jadi Tempat Rujukan Orang Awam

Kongres Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) 2018 diselenggarakan selama tiga hari di Balai Kartini, Jakarta, 11 hingga 13 Desember 2018. Dalam acara ini, beberapa nama terkenal di Indonesia ikut memberikan apresiasi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memberikan pidato di Kongres XIII ini. Kali ini, Menteri Ekonomi Republik Indonesia, Sri Mulyani tak mau ketinggalan memberikan sepatah atau dua patah kata, Selasa (12/12/2018).

Kehadiran Sri Mulyani pun juga spesial, sekaligus ikut dalam kegiatan Gala Dinner Ulang Tahun IAI ke-61. 

Pada kesempatan ini, Sri Mulyani mengucapkan selamat pada IAI dan berharap menjadi figur otoritatif untuk orang-orang mencari rujukan dalam hal akuntansi.

"Semoga  IAI dapat mengedukasi semua pihak termasuk pihak awam mengenai topik-topik akuntansi. IAI bisa bersifat inklusif, menggunakan bahasa yang dimengerti orang. Kalau bisa, orang-orang diluar IAI, seperti Cak Lontong dapat mengerti akuntansi," kata Sri Mulyani.

"Orang seperti Cak Lontong punya banyak fans yang mendengarkan candaannya, sehingga materi mengenai akuntansi akan cepat sampai kepada masyarakat awam" Sri Mulyani menambahkan.

Selain itu, Sri Mulyani juga mengingatkan IAI mengenai pekerjaan rumahnya. Mengutip pesan presiden Jokowi pada hari pertama Kongres IAI, Jokowi berpesan agar akuntan harus akuntabel tanpa harus menjadi kompleks.

Laporan keuangan harus simpel tanpa harus mengorbankan substansi laporan. Akhir kata, Sri Mulyani siap untuk menjadikan IAI partner pemerintah yang profesional.

Acara ulang tahun IAI ke-61 masuk pada rangkaian acara Kongres XIII IAI 2018 yang dilaksanakan sejak tanggal 11 hingga 13 Desember 2018. Acara ulang tahun ini dipandu oleh komedian Cak Lontong dan dihadiri oleh para tokoh akuntansi Indonesia.

Reporter: Raihan Sujatmoko