Mengenal Stephanie Poetri, Punggawa Baru Asuhan Rich Brian

Jakarta - Bagi banyak orang Indonesia, Rich Brian adalah sebuah aset kebanggaan Indonesia. Rapper muda ini terkenal setelah lagunya, "Dat Stick" viral di Youtube. Tidak hanya viral, Brian yang saat itu masih menggunakan nama panggung Rich Chigga ini juga berkesempatan membuat remix dari lagu ini bersama salah satu rapper ternama Amerika, Ghostface Killah. Ia pun bisa masuk ke dalam industri musik Amerika dan akhirnya terkenal di seluruh dunia.

Kali ini, satu lagi musisi Indonesia yang meretas karier musik internasionalnya mengikuti Rich Brian. Ia juga viral lewat lagunya di Youtube. Ia adalah Stephanie Poetri.

Stephanie adalah anak dari diva Indonesia, Titi DJ dengan warga negara Amerika Serikat, Andrew Hollis Dougherty. Dara berusia 20 tahun ini adalah anak bungsu dari Titi DJ. Namanya memang jarang terdengar oleh media sebelum lagunya meledak di internet.

Lagu Stephanie yang berjudul I Love You 3000 ditonton oleh 30 Juta Lebih penonton dalam tempo dua bulan saja. Lagu ini banyak mengandung referensi dari film Avengers: Endgame dimana judul lagu ini merupakan ucapan dari salah satu karakter dalam film itu, Morgan Stark kepada ayahnya, Tony Stark atau yang biasa dikenal sebagai Iron Man.

Lagu ini mengantarkan Stephanie ke label yang sama dengan Rich Brian, 88Rising. Label ini merupakan label rekaman yang menaungi banyak musisi Asia yang ingin berkarier di kancah musik Amerika. Didirikan oleh dua orang musisi sekaligus pebisnis berdarah Asia, Sean Miyashiro & Jaeson Ma, 88Rising memiliki tujuan untuk menjadi label rekaman dengan artis yang beda dari yang lain dan menjadi ikon musik para imigran yang tidak terbatas dari imigras asal Asia saja. Miyashiro & Ma tidak sedang menghisap jempol. Salah satu artis dari label ini, August 08 adalah rapper berdarah Afrika-Amerika. Hal ini semakin mencitrakan label ini sebagai label yang inklusif.

Musisi dari 88Rising juga terbukti tidak hanya terkenal di Asia semata. Joji misalnya. Musisi Jepang keturunan Australia ini pada awalnya merupakan Youtuber komedi dengan alias Filthy Frank. Sebagai Youtuber ia sudah dikenal luas dengan musisi-komedian bergenre rap. Ketika bergabung dengan 88Rising, ia menunjukan sisi lebih serius dari dirinya dan mengubah genre menjadi trip-hop dan Lo-fi. Perubahan ini ternyata laris di pasaran.

Lagu Joji yang berjudul Slow Dancing in The Dark dan Sanctuary berhasil menembus tangga lagu Billboard Hot 100. Melihat keberhasilan Joji dan Rich Brian, bukan tidak mungkin Stephanie Poetri mengikuti jejak mereka.