Mengenal Dunia Pendidikan di Jepang Lewat Vlog Nihongo Mantappu Milik Jerome Polin

Mengenal Dunia Pendidikan di Jepang Lewat Vlog Nihongo Mantappu Milik Jerome Polin

Nge-vlog merupakan hal yang sudah populer di kalangan anak muda sekarang ini. Selain untuk bergaya, vlog juga dapat digunakan sebagai sarana berbagi motivasi dan inspirasi. Sebagai contohnya adalah vlog Nihongo Mantappu milik Jerome Polin ini. Akun ini membagikan tentang bagaimana kehidupan akademis dan sosialnya ketika berjalan di Negeri Sakura. Jerome Polin merupakan mahasiswa asal Surabaya yang saat ini menempuh pendidikan Matematika di Waseda University, Jepang dengan beasiswa penuh.

 

Awal mulanya, akun ini diisi Jerome dengan kegiatan pembelajaran Bahasa Jepang yang memang saat itu Jerome sedang mengikuti kelas bahasa sebelum perkuliahan yang sesungguhnya. Sebelum membuat konten di YouTube, Jerome sudah menggunakan Official Line Account bernama "Q&A" untuk berbagi pengetahuan, salah satunya adalah matematika yang sudah lama ia tekuni. "Tujuannya bukan uang dan keterkenalan sih, karena aku juga percaya kalau orang butuh manfaat," ujarnya. Setelah membagikan konten belajar bahasa Jepang, pria penggemar matematika tersebut berbagi tentang bagaimana upaya mendapatkan beasiswa disana, bagaimana kehidupan perkuliahan di Jepang, dan bagaimana mengahadapi masyarakat dengan latar budaya yang berbeda.

 

"Sarana untuk menginspirasi orang, harus ada nilai yang aku berikan buat mereka (penonton). Melihat aku di Jepang, banyak orang kan cuma mau-mau gitu, tapi kan harus tahu perjuangannya juga," ucap Jerome. Jerome sendiri memiliki cita-cita sebagai Mendikbud sehingga Ia sangat peduli terhadap dunia pendidikan. "Aku dari dulu punya concern untuk membawa Indonesia jadi lebih baik. Aku rasa ya jadi Mendikbud salah satu kuncinya. Kalau misal jadi presiden atau gubernur, bisa membangun fasilitas dan lain-lain, tapi orang-orang ini enggak bisa mendapat pendidikan yang baik, ya percuma. Ujung-ujungnya aku lihat pendidikan yang paling penting," ungkap anak kedua dari tiga bersaudara ini tentang kepeduliannya tentang pendidikan anak bangsa dan dampak kedepannya.

Pria yang tidak mau dijuluki youtuber ini selalu menyelipkan humor-humor ala Jerome di setiap unggahan videonyanya. Dalam videonya, Jerome juga dikenal sering tampil dengan candaan konyol, perbuatan iseng yang dia lakukan ke temannya, atau sekadar joget di keramaian Tokyo. “Di Line itu dulu banyak konten yang galau-galau, joke-joke yang enggak bermutu gitu lho, terus sejak itu aku tergerak buat gimana caranya. Aku mikir kalau anak-anak dikasihnya kayak begini terus, kapan mau maju," ungkapnya. Poin ini seharusnya dapat menjadi pelajaran bagi anak muda dalam memanfaatkan kemajuan media yang serba canggih saat ini agar tetap bernilai positif.

Sumber: edukasi.kompas.com